Forkopimcam Baturetno Wonogiri Sidak Pemakaian Masker

masker-wonogiri
MEMBERI PERINGATAN : TNI dan Polri memberi peringatan kepada warga yang tidak mengenakan masker di sekitar Terminal Baturetno, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (SM/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.comForum Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Baturetno, Kabupaten Wonogiri menggelar inspeksi mendadak terhadap warga yang tidak mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah, baru-baru ini. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang tidak patuh mengenakan masker ketika bepergian.

Sidak itu diikuti oleh Camat Baturetno Eko Nur Haryono, Danramil 05/Baturetno Kapten Cba Oyon Subiyanto, Kapolsek Baturetno AKP Suwono, dan anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri Sutarjo. “Sidak kami laksanakan di sekitar Terminal Baturetno,” kata Danramil.

Selama sidak digelar, pihaknya menemukan banyak masyarakat yang tidak mengenakan masker. Para petugas kemudian menegur dan memberi peringatan mengenai pentingnya menjaga protokol kesehatan terutama saat di luar rumah. Antara lain mengenakan masker, menjaga jarak antarmanusia (physical distancing) dan mencuci tangan dengan sabun.

Baca : Alhamdulillah, 96 Orang Wonogiri Sembuh dari Covid-19

Adapun warga yang ketahuan tidak memakai masker ditegur dan diminta selalu mengenakan masker jika melaksanakan aktifitas di luar rumah. “Kegiatan itu untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menggunakan masker. Tujuannya untuk memutus rantai penularan Covid-19. Ternyata masih banyak yang belum mengindahkan imbauan pemerintah untuk mengenakan masker,” katanya.

Di tempat lain, para relawan di Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri mendapatkan pelatihan pemulasaraan jenazah pasien Covid-19, Rabu (5/8). Mereka dilatih mengikuti standar operasional dan prosedur (SOP) untuk jenazah infeksius ataupun penyakit menular.

Pelatihan dihadiri kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto, kepala markas PMI Wonogiri Warjo, Danramil 11/Manyaran Kapten Inf Agus Priyanto, Kapolsek Manyaran Iptu Abu Bakar, kepala Desa Bero Roh Edi Wibowo, Babinsa Bero Sertu Sahid, kepala Puskesmas Manyaran drg Evi dan para relawan Covid-19 Desa Bero.

Baca : Pasien Sembuh Covid-19 di Wonogiri Cetak Rekor, Dalam Sehari Sembilan Orang Sembuh

Mereka mengikuti simulasi pemulasaraan jenazah dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

“Saat orang lain menanggapi negatif dan takut, namun relawan-relawan berbesar hati membantu serta menjadikan moment ini peluang amal. Mereka berpikir positif dan selalu berlomba-lomba dalam kebaikan,” kata Danramil mengapresiasi para relawan. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan