Tindak Warga Tanpa Masker, Satpol PP Siapkan Perbup

masker-anti-virus-corona
FOTO/DOK

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) 6 tahun 2020 tentang pemberian sanksi masyarakat yang tidak memakai masker di tempat umum. Di masa pandemi Covid-19 ini, Satpol PP sedang menyiapkan perangkat untuk petunjuk pelaksanaannya.

‘’Kita sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk segera menyiapkan rancangan Perbup (Peraturan Bupati) untuk julkal di lapangan. Sebab tanpa Perbup Satpol PP tidak bisa memberi sanksi,’’ kata Kepala Satpol PP Yopi Eko Jati Jumat (7/8/2020).

Pihaknya bersama BPBD sudah melapor pada Bupati dan segera Bupati akan mengeluarkan Perbup untuk itu, sehingga kalau Satpol PP menertibkan masyarakat itu ada payung hukum yang jelas. Tanpa itu tidak mungkin terlaksana.

Saat ini Satpol PP juga sudah melakukan penertiban agar masyarakat terbiasa memakai masker. Sebab masker menjadi pelindung pertama agar masyarakat tidak tertular corona lewat dahak yang menyebar.

Namun sementara hanya memperingatkan saja tanpa berani menindak. Penertiban dilakukan di tempat umum seperti pasar Tawangmangu, pasar Palur, Colomadu dan lainnya. Nanti tiba saatnya Perbupnya keluar baru pemberian sanksi akan diterapkan, misalnya denda, penyitaan KTP dan lainnya.

‘’Yang jelas saat ini Sector leader ada di BPBD untuk memberi pertimbangan pada Bupati agar segera menerbitkan Perbup tersebut. Satpol PP sebagai penegak peraturan daerah akan melaksanakan yang diperintahkan Bupati.”

Namun satu hal yang perlu disadari, sebetulnya masyarakat tanpa ada peraturan resmi, sanksi, harus mulai menyadari perlunya memakai masker untuk kegiatan sehari-hari, apalagi di tempat umum seperti pasar, terminal, dan lainnya.

Itulah salah satu penerapan di masa new normal untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat yang harus menjadi kebiasaan baru bagi siapapun.(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan