9 Parpol Deklarasi Usung Pasangan ABY-HJT, Ketua DPC PAN Klaten : Kami Bukan Pasangan Calon Boneka

deklarasi-pasangan-aby-hjt
DEKLARASI : Pasangan calon bupati dan wakil bupati Arif Budiyono dan Harjanto (ABY-HJT) dideklarasikan di Gedung IPHI Tulung, Klaten, Minggu (9/8/2020).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Ratusan massa menghadiri deklarasi pasangan calon bupati dan wakil bupati Arif Budiyono dan Harjanto (ABY-HJT) yang digelar di Gedung IPHI Tulung, Klaten, Minggu (9/8) pukul 14.00 WIB. Pasangan ini sudah mengantongi rekomendasi parpol pengusung dan memenuhi syarat dukungan minimal 10 kursi DPRD Klaten.

Pasangan ini mantap maju pada Pilkada 9 Desember 2020 dengan diusung 9 partai yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem, Partai Hanura, PSI, Partai Perindo, Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Baca : Prabowo Dukung Pasangan One-Fajri, Pilkada Klaten

Deklarasi didahului dengan penandatanganan dukungan dilanjutkan pembacaan baskah deklarasi oleh Ketua DPC PKB Ahmad Mutohar ditirukan seluruh hadirin. Selanjutnya dilakukan penyerahan surat dukungan dari semua ketua partai pengusung dan pendukung .

‘’Kami maju dalam Pilkada Klaten 2020 dengan niat baik untuk membangun Klaten, karena selama ini kondisi Klaten tidak juga mengalami kemajuan. Kalau melihat visi misi semua maksimalisasi, namun harus dilihat faktanya kadang tak terealisasi. Semoga kita bisa menjadikan Klaten yang terbaik di Indonesia,’’ tegas Arif Budiyono.

Baca : GP Ansor Jateng Desak Polisi Tegas, Tangkap Para Perusuh di Solo

Kegiatan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan itu hanya dihadiri perwakilan pendukung yang terbatas, mengingat situasi pandemi yang melarang pengumpulan massa dalam jumlah besar. Sejumlah aparat TNI/Polri tampak berjaga di sekitar lokasi kegiatan.

Suara miring yang mengatakan bahwa ABY-HJT adalah calon boneka dibantah keras oleh Arif dan Hajanto. Pasangan ASN dan Kades yang herus merelakan jabatannya demi maju Pilkada itu, menegaskan bahwa pencalonannya didasari niat membangun Klaten menjadi kabupaten terbaik di Indonesia. Pernyataan itu juga ditegaskan oleh Ketua DPC PAN Darmadi dan pendukung lainnya.

‘’Kami tegaskan bahwa pencalonan ABY-HJT murni demi keinginan menjadikan Klaten lebih baik. Jadi tidak benar bila ABY-HJT adalah calon boneka. Kami partai pengusung dan pendukung akan berusaha sebaik mungkin untuk memenangkan ABY-HJT,’’ tegas Darmadi.

Saat ini, sudah ada 9 partai baik yang ada di DPRD maupun partai yang non parlemen yang siap memenangkan ABY-HJT. Namun, tidak tertutup kemungkinan bagi partai lain untuk bergabung menjadi pengusung dan pendukung. ‘’Kami masih membuka pintu kepada partai lain yang ingin bergabung untuk memajukan Klaten,’’ ujar Darmadi.

Baca : Punggawa Banteng Solo Bergerak Deteksi Ancaman Nyata untuk Gibran

Sementara itu, ABY-HJT tidak mematok target perolehan suara pada Pilkada mendatang, yang penting bisa memenangkan hati rakyat Klaten dan memenangkan Pilkada 2020. Menurut pasangan yang mengusung slogan anti politik dinasti itu, masyarakat Klaten menginginkan perubahan.

‘’Setelah deklarasi, kami akan lanjut sosialisasi sampai ke desa-desa dan membentuk tim pemenangan. Kami akan perbaiki semua sektor, the right man in the right place,’’ tegas Arif. Selain parpol, sejumlah komunitas mendukung pasangan ini, salah satunya Komunitas Banteng Giras.

Sebelumnya, Harjanto asalah kader PDIP namun gagal maju dari partainya yang sudah menetapkan pasangan petahana Sri Mulyani-Aris Prabowo. Meski begitu, dia menegaskan dirinya tetap kader sampai selamanya.

‘’Saya masih kader, masih merah sampai kapan pun. Namun kalau ada konsekuensi, saya sudah siap,’’ tegas Harjanto.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan