Dikritik Sapu Bersih Pengurus Ranting, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surakarta : Itu Urusan Internal Kami

dpc-pdip-surakarta
FOTO DIRI : Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Sejumlah kader PDI Perjuangan Kota Surakarta yang tergabung dalam Banteng Solo Bergerak mengeluarkan pernyataan mengecam bersih-bersih pengurus ranting partai dalam musyawarah ranting (musran) akhir-akhir ini.

Aktivitas itu dianggap membahayakan dan mengancam pencalonan putra sulung Joko Widodo Gibran Rakabuming sebagai calon wali kota Solo. Pasalnya, mereka yang menjadi korban bersih-bersih adalh pendukung setia Gibran saat diajukan sebagai bakal calon wali kota.

Baca : Rapat Pleno DPD PAN Surakarta “Disowani” Gibran-Teguh

Menanggapi hal tersebut DPC PDI Perjuangan melalui sekretarisnya Teguh Prakosa menampik klaim tersebut. Teguh menegaskan, bahwa proses penataan struktur di ranting di tubuh DPC PDI Perjuangan merupakan ranah internal partai.

“Proses penataan pengurus di jajaran ranting dan anak ranting merupakan kewenangan partai. Proses penggantian atau peremejaan pengurus itu mutlak dilakukan dan tentu saja melalui sejumlah pertimbangan,” katanya.

Diungkapkan, selama ini tradisi yang dijalankan di partai berlambang banteng moncong putih itu adalah tegak lurus dengan keputusan partai, dan taat terhadap keputusan ketua.

Teguh yang juga bakal calon wakil wali kota yang direkomendasikan DPP PDI Perjuangan mencontohkan, bagaiaman selama proses pemilihan bakal calon wali kota dan wakil wali kota di PDI Perjuangan berlangsung begitu dinamis.

Bahkan bakal calon yang diajukan DPC PDI Perjuangan Kota Solo kandas. Walaupun usulan dari PDI Perjuangan Surakarta itu sudah melalui proses yang panjang dari bawah.

Baca : Didik Hermawan Dilorot dari Sekretaris Fraksi PKS

“Lha ketum (Ketua Umum DPP PDI Perjuangan-red) sudah memutuskan bakal calon diluar usulan DPC. Nah, di situ, Pak Rudy (Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta-red) ya tetap tunduk dan tegak lurus terhadap keputusan partai. Harapan saya, hal ini juga ditiru di unsur bawah, bahwa keputusan DPC PDI Perjuangan tentang penataan pengurus ranting juga harus dipatuhi. Namun demikian, semua itu adalah urusan internal partai dan sebenarnya tidak dikonsumi umum,” tegasnya.

Baca : Terkendala Isolasi Wilayah, Coklit Gunakan Whatsap Grup

Seperti diketahui, sejumlah penggawa Banteng Solo Bergerak menyampaikan pernyataan sikap terkait proses penataan struktur ranting di tubuh PDI Perjuangan Kota Surakarta.

Kumpulan para kader PDI Perjuangan yang mengklaim konsisten mengawal perjalanan tata cara berorganisasi yang benar menduga ada kejanggalan pada tahapan itu.

Aryanto RS, salah satu motor Banteng Solo Bergerak mengungkapkan, penataan struktur ranting yang dilakukan belakangan ini diindikasi sebagai kegiatan sapu bersih pendukung Gibran yang masuk dalam jajaran partai.

Baca : Mundur Dari Sekda, Agus Santosa Sudah Tidak Ngantor

“Keyakinan saya hari ini (Minggu, 9/8/2020) di Banjarsari pun dilakukan hal yang sama. Kemarin lusa, (7/8/2020) dalam penataan struktur ranting di Serengan, Pasarkliwon praktik sapu bersih sudah dilakukan serta kemarin terulang di Jebres,” ungkap Aryanto. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan