Ada Pemohon Bantuan UKM yang Punya Saldo Rp 62 Juta di Bank, Ini Faktanya

0
bantuan-sosial-produktif
ILUSTRASI

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Jumlah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Karanganyar yang mengajukan permohonan bantuan Rp 2,4 juta dari pemerintah, cukup tinggi. HIngga Selasa (11/8/2020), jumlah UMKM yang mendaftar melalui tautan yang disediakan sebanyak 570 orang.

Mereka juga mulai menyerahkan berkas pendaftaran ke Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM (Disdagnakerkop UKM). Penyerahan berkas tahap pertama akan ditutup Kamis (13/8/2020).

Baca : Antrean Calon Penerima Bantuan Sosial Produktif Mengular di Solo

Kasi Pengembangan UKM Disdagnakerkop UKM Karanganyar Susilo mengatakan, ada beberapa temuan terkait syarat-syarat pengajuan permohonan bantuan, setelah pemohon menyerahkan berkas.

“Salah satunya, ada pemohon yang memiliki saldo Rp 62 juta pada rekening bank. Padahal syaratnya sudah disebutkan, isi saldo rekening pemohon maksimal Rp 2 juta. Tapi pemohon itu ngotot untuk memasukkan berkas agar diterima panitia penerimaan dokumen persyaratan,” katanya, Rabu (12/8).

Mendapati hal tersebut, panitia tetap menerima berkas pemohon.

“Tugas kami hanya memfasilitasi pengumpulan berkas. Untuk verifikasinya, nanti dilakukan tim dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM). Seluruh berkas akan dikirim ke sana oleh satuan kerja (satker) dari Kementerian atau dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng,” jelasnya.

Baca : Sebagian Wilayah Boyolali Mulai Kekurangan Air Bersih

Ada juga pemohon yang memiliki pinjaman di bank konvensional. Padahal, syarat dari pengajuan bantuan tersebut adalah pelaku usaha tidak sedang menerima kredit dari perbankan. “Rata-rata, yang mengirim berkas punya pinjaman di bank,” lanjutnya.

Dikatakannya, berkas yang terkumpul akan dikirim ke tim verifikasi dari Kemenkop UKM pada Kamis (13/8), untuk kemudian mulai diverifikasi pada Jumat (14/8).

Untuk pemohon yang belum menyerahkan berkas pada tahap pertama, akan diproses pada tahap berikutnya.

Baca : Warga Desa Tanjung Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa

“Untuk pemohon, diminta menyertakan nomor telepon yang aktif. Sehingga mudah dihubungi, jika ada syarat yang kurang. Kami berharap, penyaluran bantuan ini tepat sasaran, sehingga bisa dipakai untuk tambahan modal usaha,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan