Mbah Padmo Merapi Jadi Inspirasi Sambutan Ganjar

0
hutri-klaten-2020
Upacara dalam rangka peringatan HUT RI di lereng merapi

*Hikmad Upacara HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di Lereng Merapi

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Siapa sangka bila kunjungan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ke dukuh terisolasi Girpasang di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten beberapa waktu lalu ternyata sangat berkesan.

Sampai-sampai apa yang ucapan Mbah Patmo Darsono (70), sesepuh warga Girpasang, tentang menjalani cobaan hidup kepadanya menjadi inspirasi dalam menulis sambutan peringatan HUT RI ke-75.

”Urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndhredheg,” kata Bupati Sri Mulyani saat membacakan sambutan Gubernur Ganjar Pranowo pada upacara pengibaran bendera Merah Putih peringatan ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Pendapa Pemkab Klaten, Senin (17/8).

Belum lama ini Gubernur Jateng berkunjung ke Girpasang, dusun terpencil di lereng Gunung Merapi. Untuk mencapai dusun itu hanya bisa dilakukan berjalan kaki naik turun jurang sedalam 150 metet dengan seribu lebih anak tangga. Di sana lah dia bertemu Mbah Patmo Darsono (70) yang mengajaknya mampir ke rumahnya.

Spirit jangan mengeluh itulah yang mesti ada di setiap dada anak bangsa. Seberat apapun kehidupan yang dihadapi, termasuk kondisi di tengah pandemi sekarang ini. Keteguhan tekad dan spirit hidup Mbah Padmo bisa jadi cermin. Kadar cinta negeri itu tidak ditentukan posisi atau ketenaran, tapi diukur dari cara menjalani kehidupan sepeti Mbah Padmo.

hutri-klaten-2020-2

Upacara dipimpin Bupati Sri Mulyani, dihadiri Forkompimda dan pejabat. Petugas pengibar bendera Merah Putih kali ini, Sabita dari SMAN 3 Klaten, Nohan N dari SMAN 1 Karanganom dan Iksan dari SMAN 1 Polanharjo. Peserta upacara dari Kodim 0723 Klaten, Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Polres Klaten, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan ASN.

Sementara itu, warga Klaten juga tak mau kalah dalam memperingati HUT RI k -75. Salah satunya warga Desa Balerante, Kemalang. Mereka menggelar upacara di tepi jurang obyek wisata Kali Talang yang jaraknya sekitar 4,5km dari puncak Merapi. Siswa, relawan dan pelaku wisata Kali Talang hikmad memperingati Hari Kemerdekaan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan