7 Boneka Seram di Dunia yang Dipercaya Berhantu

La-Pascualita
FOTO/DOK

DUNIA ini penuh dengan misteri, termasuk benda-benda ciptaan manusia yang seharusnya menjadi sesuatu yang lucu. Salah satunya adalah boneka.

Boneka kerap dimainkan anak-anak kecil sebagai teman bermain maupun barang penghantar tidur. Itu karena tampilan boneka yang lucu serta menggemaskan.

Namun apa jadinya jika boneka menjadi sesuatu yang menakutkan? Bahkan selalu menimbulkan keresahan bagi pemiliknya?

Hal ini terdengar tak masuk akal, akan tetapi beberapa boneka seram di dunia berikut terkenal karena keangkerannya yang sudah disaksikan banyak orang. Apa saja? Yuk simak misterinya!

  1. Boneka Robert

Daftar pertama boneka seram di dunia adalah Robert, milik seorang pelukis Robert Eugene Otto. Nama “Robert” sendiri diberikan berdasarkan nama depan pemilik boneka.

Tampilan Robert sama seperti boneka pada umumnya, lengkap dengan seragam pelaut yang dikenakannya.

Boneka-robert
FOTO/DOK

Semasa berada di tangan sang pelukis, boneka ini kerap menimbulkan kejanggalan-kejanggalan, seperti tertawa-tawa, lari dari ruangan satu ke ruangan lainnya dan berjalan-jalan secara misterius.

Pada akhirnya, boneka Robert disimpan dalam loteng sampai tahun 1974. Ia kerap berpindah-pidah pemilik sampai pada 1994 boneka disumbangkan ke Museum Fort East Martello Florida.

Saat berada di museum, boneka Robert kerap menyebabkan aktivitas aneh, seperti kepalanya yang terlihat berputar sendiri mengikuti pengunjung museum yang melintasinya.

Hingga kini, boneka seram ini masih tinggal di Museum untuk dipublikasikan. Ia dipajang dengan posisi duduk di kursi kayu.

  1. Okiku

Okiku, sesosok boneka yang dibeli oleh Eikichi Suzuki yang masih berusia 17 tahun untuk saudari perempuannya.

Boneka ini dinamai berdasarkan nama depan sang pemiliki boneka, yang pada akhirnya menjadi begitu dekat dengannya.

Okiku
FOTO/DOK

Naasnya, tak lama berselang, tepatnya satu tahun kemudian, pemilik boneka menderita demam hebat yang mengakibatkan kematian sang pemilik.

Sebagai penghormatan atas kematiannya, akhirnya keluarga membuatkan altar yang juga menyertakan boneka Okiku di tengahnya.

Namun keanehan terjadi, tak lama setelah boneka diletakkan di altar, Suzuki melihat kejanggalan yang terjadi pada Okiku, di mana rambut boneka tersebut terus bertumbuh.

Keluarga mulai mempercayai bahwa roh sang putri turut bersemayam pada boneka kesayangannya itu, sehingga pihak keluarga menyumbangkan boneka tersebut ke Kuil Mannenji di Jepang.

Hingga kini, boneka Okiku masih dipajang di kuil tersebut, dan dipercaya bahwa rambut Okiku masih terus bertumbuh. Saat ini panjang rambut Okiku mencapai 25 cm.

  1. Annabelle

Mungkin diantara boneka seram yang ada di dunia, Annabelle merupakan boneka yang paling terkenal. Saking tenarnya, Annabelle sampai dijadikan film layar lebar yang laku keras.

Kisah Annabelle bermula dari Donna, seorang siswi keperawatan yang menerima hadiah boneka dari ibunya. Singkat cerita, Donna dan teman sekamarnya selalu mengalami kejadian misterius yang tak masuk akal.

Annabelle
FOTO/DOK

Donna menduga, kejadian mistis tersebut merupakan ulah dari boneka Annabelle, yang juga dipercaya berhantu dan memiliki kekuatan tak kasat mata.

Kejadian aneh yang dialami oleh Donna dan teman sekamarnya seperti boneka yang selalu berpindah posisi, sampai serangan gaib yang tidak diketahui asalnya.

Sejak mengalami serangkaian kejadian tak masuk akal tersebut, mereka menghubungi paranormal terkenal Ed dan Lorraine Warren. Akhirnya, diputuskan bahwa Annabelle akan dibawa ke museum okultisme mereka untuk disimpan di sana.

Sayangnya, The Warren’s Occult Museum yang terletak di Monroe, Connecticut, AS, telah ditutup secara permanen.

  1. Boneka Mandy

Selain Annabelle, boneka Mandy alias “Mandy The Doll” juga belakangan namanya mulai mencuat. Itu karena boneka yang dipercaya berhantu ini juga diangkat ke layar lebar pada 2018 silam.

Boneka Mandy, kini diperlihatkan di Quesnel and District Museum British Columbia, ia sudah ada di sana sejak tahun 1991.

Boneka-Mandy
FOTO/DOK

Di museum tersebut, Mandy mengenakan pakaian yang sama seperti aslinya saat pertama disumbangkan. Ia mengenakan busana yang sudah agak lusuh dengan kerusakan wajah yang membuatnya begitu menyeramkan.

Tak sampai disitu, boneka Mandy juga kerap menimbulkan kegaduhan bagi staff museum maupun pengunjung. Misalnya, peralatan kantor yang berpindah-pindah tempat, suara langkah yang tak berwujud, hingga senyuman sinis kepada pengunjung yang membuatnya tampak seperti hidup.

  1. Boneka Harold

Agak aneh rasanya jika boneka yang dipercaya membawa kutukan kemudian diperjual-belikan di eBay. Kejadian tersebut terjadi pada 2003 lalu.

Boneka-harold

Penjual boneka Harold mengklaim bahwa selama memilikinya, ia selalu mengalami kejadian-kejadian yang berbau supranatural, seperti kematian pada kucingnya, migrain kronis, serta suara-suara misterius dari anak-anak yang bermain di ruang bawah tanahnya.

Setelah 2003, boneka seram ini kerap berpindah-pindah tangan, sampai pada Anthony Quinata yang jadi tuan terakhirnya.

Anthony juga mengalami kejadian-kejadian misterius yang membuatnya membuang boneka Harold dan bersumpah untuk tidak pernah berbicara tentang Harold lagi.

  1. La Pascualita

Beralih ke Amerika Tengah, kisah boneka seram di dunia yang dipercaya berhantu ini berada di Meksiko.

Tak ada yang menyangka bahwa sebuah manekin cantik telah berdiri di toko pengantin La Popular di Chihuahua, Meksiko selama lebih dari 80 tahun.

Dibalik daya tarik manekin tersebut, terdapat rumor yang beredar bahwa manekin adalah mayat putri si pemilik toko. Para pengunjung percaya bahwa detail yang ditampilkan begitu mirip dengan manusia aslinya.

Detail yang sempurna seperti pembuluh darahnya, mata yang begitu sempurna untuk ukuran manekin, serta tangan yang sangat mirip manusia pada umumnya.

Selain manekin La Pascualita ini begitu sempurna, warga sekitar juga meyakini kalau manekin suka bergerak sendiri di malam hari, serta tatapan matanya yang terkesan mengikuti pengunjung yang melintas.

Tetapi rumor tetaplah rumor, belum bisa dibuktikan kebenarannya hingga saat ini. Sang pemilik pun telah membantah keras tuduhan bahwa manekin tersebut adalah mayat yang dibentuk.

  1. Isla de las Muñecas (Pulau Boneka)

Di Meksiko, terdapat sebuah kisah tentang seseorang bernama Don Julian Santana Barerra yang menemukan mayat seorang gadis tenggelam.

Di dekat gadis tersebut, ia juga menemukan boneka yang menggambang.

Sebagai bentuk penghormatan, Don Julian Santana Barerra menggantung boneka tersebut di pohon. Tetapi, ia masih dihantui oleh roh gadis tersebut.

Akhirnya, ia menggantung lebih banyak boneka di pulau tersebut yang bertujuan untuk menenangkan arwah sang gadis.

Hingga 50 tahun mengumpulkan boneka, sampai pada 2001 Barerra menghembuskan nafas terakhirnya. Ia tewas karena tenggelam.

Isla-de-las-Muñecas
FOTO/DOK

Anehnya, ia tenggelam di tempat yang sama seperti ia menemukan mayat sang gadis.

Kisah boneka seram ini terjadi di Isla de las Muñecas, sebuah pulau di Selatan Meksiko yang juga dikenal dengan “Island of the Dolls” atau pulau boneka.

Itulah beberapa boneka seram di dunia yang diyakini berhantu dan memiliki kekuatan supranatural. Percaya atau tidak, itu kembali lagi kepada Anda! (Ivan Runa)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan