Pendaftar Cawali Solo Dibuka 4 September, KPU Batasi Rombongan Masuk Gedung 12 Orang

0
kpu-kota-solo
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta bakal membatasi jumlah rombongan yang hendak ikut serta dalam pendaftaran pasangan cawali cawawali (paslon) Pilwakot Solo 2020 akhir pekan ini. Tiap rombongan di batasi 12 orang yang masuk ke dalam gedung KPU dan 30 orang bagi rombongan yang berada di luar ruangan.

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti, Rabu (2/9) mengatakan, pembatasan jumlah rombongan peserta pendaftar paslon memang diwajibkan selama masa pandemi Covid-19 ini.

Baca : Jelang Pendaftaran Balon Bupati, KPU Sukoharjo Tetapkan Tiga Ring

“Kami sudah melakukan pembatasan di dalam ruangan maksimal 12 orang, dan yg di luar ruangan maksimal 30 orang. Kami harus jaga protokol kesehatan,” terang Nurul.

Dikatakan, KPU senantiasa menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku khususnya terkait dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Pasti ada pembatasan di dalam ruangan, itu tetap memperhatikan kapasitas ruangan, dan karena ada ketentuan baru di KPU baru tadi malam berikrar. Intinya ada pembatasan. Intinya yg masuk di dalam jangan berkerumun. Nanti ada waktu utk mendokumentasikan. Bawaslu jg dibatasi. Kami harus ketat melaksanakan protokol kesehatan.” tegas Nurul.

Baca : Pengelolaan Kantin Sekolah Era Adaptasi Baru Perlu Perhatian Khusus

Nurul mengungkapkan, jelang masa pendaftaran kandidat cawali cawawali, sejumlah tim sukses (pemenangan) sudah melakukan komunikasi dan konsultasi. Rata-rata tim pemenangan menanyakan tentang persyaratan dukungan yang harus disampaikan ke KPU. Prosedur pendaftaran paslo ke KPU seperti apa, siapa yang akan menerima.

“Jadi intinya pada saat pedaftaran paslontidak membutuhkan waktu lama. Yang penting kami melihat syarat pencalonannya, itu kewenangannya komisioner. Kalau sudah lengkap maka syarat calon nanti akan ada yang verifikasi.

Baca : 54 SMP di Boyolali Boleh Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Sementara itu, informasi yang diterima Suara Merdeka, dalam pelaksanaan Pilwakot Solo 2020 mendatang. Ada dua kandidat yang dijadwalkan mendaftarkan diri ke KPU Kota Surakarta sebagai cawali-cawali. Mereka adalah pasangan Gibran Rakabumin – Teguh Prakso yang didukung PDI Perjuangan dan diusung Partai Amanat Nasional, Partai Gerindra, Partai Golkar dan PSI. Satu lagi pasangan dari jalur perseorangan yakni Bagyo dan FX Suparjo

Terkait konfirmasi pendaftaran masing-masing paslon diperkirakan pada akhir pekan nanti.

Baca : Susunan Presidium Koalisi Aksi Menyelematkan Indonesia – Jateng Diumumkan

“Sudah ada konfirmasi kehadiran Gibran (paslon Gibran-Teguh) pada Jumat (4/9) dan pasangan Bajo pada Minggu (6/9),” imbuh Nurul. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan