Pengelolaan Kantin Sekolah Era Adaptasi Baru Perlu Perhatian Khusus

1
pelatihan-online
Para guru dan karyawan SD Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti webinar dan pelatihan online pengelolaan kantin sehat sekolah era adaptasi baru. (suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Adaptasi baru juga harus diterapkan di kantin sekolah untuk mencegah penularan virus korona. Hal itu penting dilakukan terutama saat siswa sudah diperbolehkan untuk mengikuti sekolah tatap muka nanti.

 “Selain mengikuti protokol kesehatan,  kantin sehat juga harus mengedepankan higinitas bahan pangan maupun produk yang dihasilkan agar menunjang kesehatan siswa, ” kata Wakil Kepala SD Muhammadiyah 1 Bidang Humas Jatmiko. 

Sebagai sekolah yang memiliki kantin sehat,  sekolah tersebut merasa perlu membekali guru dan karyawannya tentang penerapan protokol kesehatan dalam pengelolaan kantin sekolah sehat ramah anak.

 Sebanyak 30 guru dan karyawan diikutkan dalam webinar pelatihan Online pengelolaan kantin sekolah sehat yang diselenggarakan yayasan Gita Pertiwi Ricolto.

“Berkembangnya teknologi harus diikuti upaya untuk menyeimbangkan konsumsi di tengah masyarakat khususnya warga sekolah dan menyiapkan kantin sehat secara profesional,” ujar Jatmiko.  

Dikemukakan,  komponen standar kantin yang pertama PJAS (Pangan Jajan Anak Sekolah) mulai dari bahan makanan, segar tidak kadaluwarsa, simpan olah, alat pemasak, penyajian dan etalase wadah penyajian.

“Suplai PJAS harus memenuhi syarat, monitornig kadaluwarsa, identitas pensuplai, fisik dan bangunan kantin, manajemen kantin dan penyuluhan, evaluasi serta promosi,” jelasnya.

Hadir menjadi narasumber dalam kegiatan itu antara lain Sekretariat UKS/M Gugus Tugas Kantin Sekolah Sehat Ramah Anak Hartoyo, Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Surakarta Arif Dwi Widodo, Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Pertama Loka POM Annisa Nurul Anindita.

Annisa mengemukakan, area kantin wajib dibersihkan dengan disinfektan dan peralatan dibersihkan dengan air panas. Karyawan selalu mencuci tangan dengan sabun dan iar mengalir selama 20 detik.

Tersedia tempat cuci tangan dan sabun baik dikantin maupun toilet serta tempat sampah tertutup.

“Tips keamanan pangan di kantin. Waspada terhadapa kuman dan virus penyebab penyakit,” jelas Annisa.

Dalam era adaptasi baru, pangan jajanan aman dan beragam. Karyawan wajib menggunakan masker, sarung tangan, celemek, penutup kepala dan alas kaki penutup. Sementara itu, Kepala Badan POM RI Penny K. lukito mengatakan, garda terdepan dalam mencegah penyebaran Covid-19 adalah setiap individu masyarakat. 

“Selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, mengonsumsi pangan berkualitas ditambah suplemen kesehatan sesuai kebutuhan, serta disiplin melakukan langkah-langkah pencegahan seperti menjaga jarak dan lain-lain,” katanya.(Evie Kusnindya) 

Editor : Budi Sarmun

1 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan