Mulai 4 September, KPU Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

0
calon-kepala-daerah-klaten

*3 Pasangan Calon Bakal Berkompetisi di Pilkada 2020

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Tahapan Pilkada Klaten 2020 tampaknya akan terus bergulir di tengan pandemi, saat kasus positif covid-19 semakin bertambah. KPU Klaten sudah bersiap menerima pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan maju di Pilkada 9 Desember mendatang.

”Sesuai jadwal pada tahapan Pilkada, KPU akan mulai menerima pendaftaran pasangan calon peserta Pilkada Klaten 2020, mulai Jumat 4 September sampai 6 September,” kata Ketua KPU Klaten Kartikasari Handayani.

Baca : Sebelum Mendaftar ke KPU, Gibran-Teguh Minta Restu Achmad Purnomo

Saat ini, sudah ada tiga pasangan calon yang akan maju bersaing mendapatkan dukungan masyarakat Klaten pada Pilkada. Pasangan pertama adalah Arif Budiyono-Harjanto yang akan diusung PAN, PKB, PPP, Nasdem dan beberapa partai non parlemen.

Pasangan kedua pasangan One Krisnata-Muhammad Fajri yang akan diusung Partai Demokrat, PKS dan Partai Gerindra. Pasangan ketiga petahana Sri Mulyani-Yoga Hardaya yang akan diusung PDIP dan Partai Golkar.

Sebelumnya, para calon sudah melakukan serangkaian proses untuk memenuhi persyaratan pencaftaran sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati. Salah satunya, syarat dukungan minimal 10 kursi DPRD Klaten dari partai pengusung. Selain itu, ada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi sesuai Peraturan KPU RI.

Baca : Joko Sutopo-Setyo Sukarno Yakin Raih 70 Persen Suara

‘’Untuk kepastian waktu belum, sampai saat ini (Kamis 3/9), belum ada informasi pasti akan kedatangan pasangan calon yang akan mendaftar,’’ kata Kartikasari Handayani. Pada Pilkada 2020 ini, dipastikan tidak ada calon yang maju dari jalur independen.

Meski belum ada informasi pasti kapan ketiga pasangan calon akan mendaftar, namun informasi sementara pasangan petahanan akan mendaftar pada Jumat (4/9). ‘’Informasinya, petahanan akan mendaftar Jumat,’’ kata Komisioner KPU, Wandyo.

Baca : Klarifikasi Perpecahan di Tubuh Partai, Golkar Surakarta Solid Dukung Gibran-Teguh

Pasangan ASN-Kades Arif Budiyono-Harjanto (ABY-HJT) rencananya akan mendaftar pada hari terakhir, Minggu (6/9). ‘’Rencananya, ABY-HJT akan mendaftar ke KPU Minggu,’’ kata Arif Budiyono.

Sementara itu, usai pendaftaran, KPU akan melakukan verifikasi berkas pendaftaran dan pasangan calon peserta Pilkada Klaten 2020 akan ditetapkan pada 23 September 2020 mendatang.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan