Radio Solo Belajar, Alternatif Pembelajaran Masa Pandemi

0
radio-pembelajaran-sd-muhammadiyah-surakarta
RADIO PEMBELAJARAN: Kepala SD Muhammadiyah 1 Surakarta Sri Sayekti didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas melakukan siaran untuk memberikan materi pembelajaran melalui radio sekolah. (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)

SOLO,suaramerdekasolo.com – SD Muhammadiyah 1 berupaya menginovasi pembelajaran jarak jauh dengan mengkombinasikan youtube dan radio. Radio Solo Belajar yang diresmikan sejak dua tahun silam,  kini juga dimanfaatkan sekolah untul menjadi sarana belajar siswa. 

Kepala SD Sri Sayekti mengemukakan,  radio yang saat ini hanya bisa diakses melalui streaming ke depan akan dicarikan frekuensi resmi agar lebih banyak menjangkau masyarakat tanpa perlu menggunakan kuota internet.

Lantas bagaimana sekolah melakukan pembelajaran dengan radio ini? Sayekti mengemukakan, radio embelajaran itu bisa memberikan materi pembelajaran tema umum dan pendidikan karakter setiap pukul 09.30 hingga 11.30 WIB setiap hari.  Para guru menyusun jadwal untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara siaran.

Adapun siswa yang tertinggal jadwal siaran bisa mengikutinya di youtube. Pembelajaran melalui radio Solo Belajar ini menurutnya dilatar belakangi beberapa hal. Salah satunya jangkauan siaram sangat luas tidak hanya siswa SD Muhammadiyah 1 yang mengakses tetapi seluruh siswa-siswi Indonesia.

Wakil Kepala Bidang Humas Jatmiko menambahkan,  seluruh guru di sekolah tersebut harus bisa siaran untuk memberikan materi pada siswa. Untuk menjamin kualitas pembelajaran melalui radio, siswa kemudian diberi tugas seputar materi yang disampaikan.

“Kegiatan siaran sudah disiapkan oleh tim RSB dengan dua sesi yaitu pendidikan karakter, pendidikan agama Islam dan pembelajaran tematik. Di mana guru secara terjadwal mulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Harapannya bisa menambah khasanah dan dapat diakses seluruh anak Indonesia,” paparnya.(Evie Kusnindya)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan