Ini Pesan Prof Mahfud MD untuk Mahasiswa Baru UNS

prof-mahfud-md

SOLO,suaramerdekasolo.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Prof. Mahfud MD, menyampaikan sejumlah pesan penting dalam kuliah umumnya pada pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) luring dan daring Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Senin (14/9/2020).

Prof Mahfud MD yang juga anggota Dewan Penyantun UNS selama lebih dari 2 periode ini, menyinggung soal kesadaran bela negara generasi muda Indonesia, khususnya Mahasiswa Baru (Maba) UNS angkatan 2020.

Baca : Terapkan Protokol Kesehatan, 5.405 Peserta Ikuti SKB CPNS di UNS

Mahfud MD menekankan bentuk bela negara sebagai perwujudan pertahanan negara harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta bentuk ancaman yang dihadapi saat ini dan dimasa depan.

Mengutip hasil riset PEW Research Center yang menyurvei karakteristik generasi milenial, Prof. Mahfud MD menyebut keunikan generasi ini terletak pada intensnya penggunaan internet sebagai kebutuhan pokok.

Terkait kondisi itu, ancaman yang saat ini membayang-bayangi Indonesia, bukanlah ancaman militer atau fisik saja, tetapi juga ancaman lain seperti persaingan global, perdagangan bebas, upaya pelemahan Sumber Daya Manusia (SDM), perusakan sosial budaya, destruksi terhadap kemajemukan, munculnya sikap-sikap intoleransi, dan rongrongan terhadap nasionalisme serta derasnya arus informasi yang harus disikapi secara cermat dan bijaksana oleh generasi milenial.

Baca : Kompetisi Virtual Running FKOR UNS, 10 Besar Ikuti Running Virtual Live

Dalam kuliah umum yang disiarkan melalui _Zoom Cloud Meeting_ dan kanal _Youtube_ resmi UNS, Prof. Mahfud MD mengatakan sikap bela negara merupakan salah satu ungkapan syukur yang bisa diwujudkan dalam menghargai kemerdekaan RI yang berhasil diwujudkan para pendiri bangsa.(Evie Kusnindya) 

Baca : BEM UNS Komitmen Kawal Pilkada 2020 Santun dan Damai

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan