Kandidat Kepala Daerah Diimbau Pakai Isu Covid-19 Sebagai Isu Kampanye

0

SOLO,suaramerdekasolo.com – Pandemi Covid-19 bisa dijadikan isu sentral untuk diangkat dalam materi kampanye bagi pasangan calon kepala daerah yang bertarung dalam pilkada serentak 2020. Bahkan, wabah ini bisa dijadikan bagian dalam misi-visi yang disampaikan calon kepala daerah dalam kampanye nanti.

Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Alfitra Salamm saat menjadi pembicara dalam kegiatan acara Ngetren Media : Ngobrol Etika Penyelenggaraan Pemilu dengan Media di Hotel Alana Solo mengatakan, metode semacam ini sudah dilaksanakan di mancanegera. Bahkan, partisipasi masyarakat di negara itu dalam menggunakan hak pilihnya cukup tinggi.

Baca : Cegah Baby Boom, Desa Sambirembe Kecamatan Kalijambe Laksanakan Pelayanan KB Mandiri

“Angka partisiasi (pemilihan umum-red) di Korea Selatan cukup tinggi waktu itu. Sebab ada kandidat yang memgunakan Covid-19 sebagai isu. Isu yang membangkitkan masyarakat, isu Covid-19 yang diangkat menjadi isu pembangunan,” ujar Alfitra yang saat itu didampingi Hendry Wahyono (Anggota Majelis/ TPD Unsur Masyarakat), Jumat (18/9/2020).

Baca : Bawaslu akan Klarifikasi Saksi dan Pelapor

Dikatakan, di negara paling maju di Asia itu, Covid-19 menjadi visi misi dalam kampanye kandidat. Isu sentral ini malah membangkitkan ekonomi kemasyaraktan.

“Saya imbau paslon di pilkada serenta kali ini menjadikan isu sentral Covid-19 sebagi isu pembangunan. Masyarakat pecaya akan percaya kepada kandidat. Dengan begitu angka partisipasi pemilu akan meningkat,” terangnya. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan