Sambut World Clean Up Day, Siswa SMKN Jenawi Karanganyar Resik-Resik Kali

0
World-Clean-Up-Day-2020-smk-jenawi
RESIK KALI : Siswa SMKN Jenawi membersihkan sungai di belakang sekolah, untuk menyambut aksi World Clean Up Day 2020, Jumat (18/9). (suaramerdekasolo.com/dok)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Aksi bersih-bersih serentak sedunia, atau dikenal dengan sebutan World Clean Up Day, disambut siswa SMKN Jenawi dengan aksi Resik Kali di sungai belakang sekolah, Jumat (18/9/2020).

Dengan mengusung slogan “Kaliku Resik, Hatiku Bersih, Negaraku Suci”, puluhan siswa turun ke sungai, untuk memungut sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh orang tak bertanggung jawab.

Baca : Sempat Linangkan Air Mata, Bupati Wonogiri Bagikan 58.821 Stel Seragam Gratis

Tahun ini, World Clean Up Day 2020 rangkaiannya digelar selama sepekan, antara 13-19 September. Puncak acaranya adalah bersih-bersih lingkungan secara serentak di seluruh dunia pada 19 September.

Kepala SMKN Jenawi Sri Eka Lelana mengatakan, kegiatan itu diikuti perwakilan siswa dari unsur organisasi sekolah, mulai dari OSIS, Pramuka, Rohis, Pataka dan PMR.

Baca : Tensi Politik di Sukoharjo Panas, Tim EA Laporkan Dua Akun Medsos

“Kegiatan ini untuk membangun kesadaran pada siswa, tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Selaras dengan aksi World Clean Up Day, yang bertujuan mengurangi masalah limbah padat dan sampah laut di bumi yang kita tinggali,” katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut diinisiasi Catur Prasetya, siswa kelas XI TKR1, yang mengajak teman-temannya untuk bersih sungai dalam menyambut hari bersih-bersih serentak sedunia itu.

“Kami berharap, dari kegiatan ini, kesadaran siswa untuk peduli lingkungan bisa lebih baik. Apalagi ini sejalan dengan budaya yang dibangun di sekolah, yakni resik, di mana siswa diharapkan selalu menjaga kebersihan secara sadar,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Baca : 250 Siswa Ikuti Pendidikan Setukba TNI AU Angkatan ke-37

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan