Tim Tindak Covid-19 Karanganyar Diluncurkan, Siap Beri Sanksi yang Tak Bermasker

0
tim-penegak-disiplin-covid-19-karanganyar
PENEGAK DISIPLIN – Tim Penegakan Disiplin Covid-19 terdiri dari polisi, BPBD, Dinkes dan TNI diluncurkan Bupati Juliyatmono dan Danrem Surakarta Kol Inf Rano Tilaar, yang menempelkan stiker di mobil petugas. (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Tim Tindak Covid-19 yang terdiri atas polisi, dibantu TNI, Satpol PP, BPBD dan aparat Dinas Kesehatan diluncurkan Bupati Karanganyar, Danrem 074/Warastratama Surakarta dan Forkompimda Karanganyar.

Tim akan berkeliling ke setiap pelosok wilayah Karanganyar untuk mengingatkan warga agar tetap melakukan tiga M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak aman). Masyarakat masih perlu diingatkan agar mematuhi protokol kesehatan itu.

‘’Ini hari yang baik untuk memulai tugas itu. Bukan saja orang sakit yang harus kita tolong, namun orang sehat perlu kita ketati untuk menjaga jangan sampai sakit tertular Covid-19. Dan Oktober nanti /Perbup tentang sanksi bagi yang tidak bermasker sudah mulai diterapkan. Jadi ada waktu untuk mengingatkan sebelum diterapkan penindakan,’’ kata Bupati Juliyatmono, Selasa.

Danrem Kol Inf Rano Tilaar menambahkan, aktivitas masyarakat, komunitas hik masih terus aktif di masyarakat. Kadang mereka lupa memakai masker. Hik boleh, tapi tiga M jangan pernah lepas agar tidak tertular Covid-19.

Termasuk kewaspadaan untuk memperhatikan sekeliling kita jika ada tamu dari luar kota terutama daerah merah, harus diwaspadai dan dijaga agar mereka tidak saling membawa virus dan menulari sesama.

Ingat, vaksin Covid-19 ini belum ada, sehingga jika bukan diri kita yang melindungi diri sendiri tidak ada lagi. Sehingga siapapun harus aktid saling mengingatkan agar tidak menyesal di kelak kemudian hari karena diisolasi akibat Covid-19.

TNI dalam hal ini tetap membantu tugas Polri karena TNI tidak memiliki diskresi untuk melakukan penindakan. Yang boleh hanya polisi dan Satpol PP sebagai aparat penegak Perbup dan Perda. Karena itu polisi berada di garda terdepan dalam menegakkan displin ini.

Sementara Kapolres AKBP Leganek Mawardi menambahkan, masing-masing anggota tim memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing, namun tujuannya sama mengingatkan masyarakat untuk disiplin mencegah menularnya Covid-19 ini. Sehingga penyebarannya bisa diminimalisasi jika semua disipllin dalam menerapkan tiga M. (Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan