7 Ide Bisnis Musik Menggiurkan di Tahun 2020

0
Studio Rekaman
FOTO ILUSTRASI

PADA dasarnya, hobi apapun jika ditekuni dengan serius, maka bisa dijadikan lahan bisnis yang cukup potensial, termasuk hobi bermusik. Nah, Kalau Anda mau tahu apa saja ide bisnis di bidang musik pada tahun 2020 ini, berikut beberapa jenis usahanya.

  1. Studio Musik

Studio musik merupakan sebuah tempat untuk pemain band berlatih musik. Biasanya, studio disewakan untuk waktu satu jam atau lebih. Untuk membuka bisnis ini, maka Anda memerlukan tempat dengan ruangan kedap suara (akustik), serta alat-alat musik, seperti gitar, bass, drum, mic dan sistem audio.

Memang membuka usaha ini memerlukan modal yang tak sedikit, tetapi untung yang akan didapat cukup menggiurkan. Apalagi jika dibuka di tempat yang ramai.

Selain untuk disewakan secara reguler, biasanya alat-alat musik juga kerap disewa untuk acara-acara pertunjukkan. Ini berarti Anda harus siap bongkar pasang alat untuk dibawa keluar studio.

  1. Studio Rekaman

Hampir sama dengan studio musik, namun untuk studio rekaman, Anda memerlukan tambahan lebih seperti alat khusus untuk merekam. Umumnya, studio rekaman disewakan per-shift, satu shiftnya sekitar 5 sampai 6 jam, tergantung kebijakan masing-masing. Karena belum begitu banyak bisnis studio rekaman, maka ide usaha ini cukup menjanjikan.

Kunci kesuksesan sebuah studio rekaman, ialah kualitas rekaman yang dihasilkan. Jika hasilnya bagus, maka bukan tak mungkin pemusik-pemusik dari luar daerah pun akan mampir ke studio Anda.

Kalau punya modal lebih, Anda bisa membuka studio musik untuk disewakan secara reguler, sekaligus bisa dibuat studio rekaman juga.

  1. Manager Band

Anda suka musik tapi tak bisa memainkan alat musik? Tak usah khawatir, Anda tetap bisa berbisnis di bidang ini dengan menjadi menager sebuah band atau penyanyi solo.

Yang Anda butuhkan adalah kemampuan mencari panggung atau pertunjukkan, maupun kemampuan lobi yang mumpuni.Anda bisa buat profile tentang band yang Anda kelola, dan menawarkannya ke Event Organizer, maupun radio-radio untuk promosi.

Yang paling penting, pastikan band atau penyanyi yang Anda kelola, sudah memiliki demo musik, sebagai sampel bagi pengelola acara.

Keuntungan yang Anda dapat sebagai manager band, bisa bervariasi, tergantung perjanjian dengan band itu sendiri. Misalnya, Anda dianggap sebagai personel band juga, jadi artinya bayaran Anda sama dengan pemain yang lain atau dibagi rata.

Jika bisnis di bidang musik ini sudah berjalan dengan baik, Anda bisa menambah artis untuk Anda kelola, dengan kata lain Anda memiliki usaha band management.

  1. Pencipta Lagu

Menciptakan sebuah lagu, bukanlah hal yang mudah. Bayangkan saja, Anda menciptakan sesuatu yang belum ada menjadi ada. Itu sebabnya pencipta lagu dibayar cukup mahal untuk setiap karya-karyanya. Terlebih jika Anda sudah punya nama.

Anda bisa menawarkan lagu-lagu yang Anda ciptakan ke artis-artis besar, maupun band-band yang belum memiliki nama besar. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan lagu Anda ke label-label rekaman. Harga sebuah lagu sendiri tidak bisa dipatok sekian-sekian, tergantung dari lagu yang dihasilkan, dan siapa yang membelinya.

  1. Membuat Backsound

Membuat backsound memerlukan keahlian khusus. Artinya Anda harus bisa mengaransemen sebuah musik.

Backsound biasanya dibutuhkan untuk latar musik film, iklan maupun kegiatan broadcast lainnya. Yang sekarang lagi populer adalah YouTube. Banyak konten kreator yang tidak bisa membuat backsound. Inilah kesampatan Anda untuk menawarkan backsound yang Anda buat kepada mereka.

Para konten kreator lebih suka dengan backsound yang unik, yang belum orang lain gunakan, karena lebih eksklusif.

  1. Event Organizer

Bisnis di bidang musik yang lebih besar lagi, yaitu membuat event organizer alias EO. Usaha ini membutuhkan banyak orang untuk mengadakan sebuah pertunjukkan. Dalam skala kecil, Anda bisa membuat pertunjukkan musik di cafe-cafe. Jadi Anda bisa kerjasama dengan pemilik cafe.

  1. Jual Beli Alat Musik

Seperti bisnis jual beli lainnya, dalam dunia musik, alat musik pun dapat diperjual-belikan. Contohnya toko musik.Namun kalau modal Anda terbatas, Anda bisa menjadi calo jual beli alat musik bekas. Itulah beberapa ide bisnis di bidang musik tahun 2020 yang bisa Anda jalankan. Semoga bermanfaat! (Ivan Runa)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan