Dapat Posisi Sisi Kanan, Secara Psikologis Pasangan Yuni-Suroto Diuntungkan

0
pengudian-nomor-urut-sragen
DAPAT SISI KANAN: Pasangan cabup-cawabup Yuni-Suroto mendapatkan letak di sisi sebelah kanan surat suara, dalam pengundian yang dilaksanakan KPU Sragen, di Gedung IPHI Kecamatan Sragen, Kamis (24/9/2020)/ (suaramerdekasolo.com/Basuni Hariwoto)

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Pasangan Calon Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Suroto, mendapatkan letak di sisi kanan dalam surat suara, untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sragen 2020.

Kepastian ini diperoleh saat acara Pengundian Tata Letak Posisi Foto Pasangan Calon Dalam Surat Suara dan Dalam Daftar Pasangan Calon Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sragen 2020, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung IPHI Kecamatan Sragen, Kamis (24/9/2020).

Dalam pengundian itu, Cabup Yuni yang petahana itu mengambil sendiri didampingi Cawabup Suroto. Setelah pengundian juga dilakukan deklarasi pemilu damai dan sehat dalam pelaksanaan Pilbup 2020, yang dihadiri unsur Muspida Sragen.

Baca : Dapat Nomor Urut Satu, Mulyo Doakan ORI

Yuni yang diusung PDIP Perjuangan, PKB, Partai Golkar, PAN, Nasdem dan didukung Partai Demokrat iini mengaku lega gambar mereka ditetapkan pada kolom kanan surat suara dan daftar pasangan calon. Menurut pasangan calon tunggal di Pilbup 2020 Sragen ini, posisi itu menguntungkan mereka secara psikologis.

“Dari kemarin di rumah berpikir mau ditempatkan (foto paslon) dimana siap. Tapi kalau diperkenankan, bisa di kanan surat suara saja, karena kita lebih banyak menggunakan right handed. Otomatis penglihatan lebih banyak fokus di sebelah kanan. Begitu buka surat suara pasti tertuju di kanan. Terlepas dari itu, hanya gambar foto. Semoga mempengaruhi secara psikologis masyarakat sehingga makin mantap menggunakan hak pilih,” tutur Yuni.

Ketua KPU Sragen Minarso mengatakan, sisi kanan adalah sisi sebelah kanan dari sisi pemilih melihat surat suara.

“Cabup Yuni mengambil sendiri pengundian dan mendapatkan sisi sebelah kanan,” kata Minarso, didampingi para komisioner KPU Sragen.

Baca : Undian Pilkada Boyolali, Said- Iwan Peroleh Sisi Kiri Surat Suara

Minarso memastikan bila pengundian dilakukan secara jujur dan tidak ada unsur rekayasa atau memenuhi pihak tertentu. Pasangan calon berikut parpol pengusung serta penyelenggara pemilu juga menandatangani ikrar damai dan sehat Pilbup 2020 Sragen. (Basuni Hariwoto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan