Hasil Undian KPU Sukoharjo : EA Nomor 1, Joswi Nomor 2

0
pilkada-sukoharjo

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menggelar Rapat Pleno Terbuka pengundian dan penetapan momor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati. Acara digelar di Hotel Tosan, Solo Baru, Grogol, Kamis (24/9/2020).

Dalam pengundian yang menerapkan prptokol kesehatan yang ketat tersebut, pasangan EA mendapatkan nomor 1 dan pasangan Joswi mendapatkan nomor 2.

Baca : Gibran – Teguh Nomor 1, Bajo 2

“Ada perbedaan dalam penyelenggaraan pengundian dan penetapan momor urut karena ada PKPU baru yang kami terima pukul 01.00 dini hari tadi terkait dengan undangan,” jelas Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda.

Sebelumnya, KPU mengacu pada PKPU Nomor 10 tahun 2020 terkait aturan mengenai undangan. Namun pihaknya menerima PKPU No 13 tahun 2020 yang mengatur peserta rapat pleno pengundian nomor urut hanya paslon, “liaison officer” (LO) dan dua Bawaslu. Sehingga, KPU harus berkoodinasi dengan semua pihak karena sebelumnya undangan sudah disebarkan.

“Meski acara agak terlambat karena harus koordinasi dulu, alhamdullilah semua pihak bisa menerima sehingga acara bisa digelar dan berjalan lancar,” ujarnya.

Baca : Semua Cabup Klaten Yakin Menang Pilkada

Soal teknis pengundian, Nuril mengaku diawali pengundian untuk menentukan siapa pasangan yang pertama kali mengambil nomor urut. Untuk undian pertama, KPU menyiapkan 10 nomor dalam toples dan kesempatan itu diambil oleh calon wakil bupati. Karena paslon Joswi hadir pertama maka mendapatkan kesempatan mengambil pertama kali. Wiwaha Aji Santosa mendapatkan nomor 6 sedangkan Agus Santosa mendapat nomor 1.

Karena pasangan EA mendapat nomor 1 dalam undian pertama maka berhak mengambil undian nomor urut pertama kali. Untuk undian nomor urut, KPU hanya menyiapkan dua nomor dan kesempatan pertama mengambil terlebih dahulu adalah pasangan EA.

Baca : Dapat Posisi Sisi Kanan, Secara Psikologis Pasangan Yuni-Suroto Diuntungkan

“Dalam undian nomor urut yang diambil oleh Etik Suryani, pasangan EA mendapatkan nomor 1 dan Joswi mendapat nomor 2.”

Deklarasi Damai

Setelah pengundian ini, lanjut Nuril, pihaknya akan segera mengumumkan pada masyarakat selama dua hari. Setelah itu dilanjutkan dengan masa kampanye mulai 26 September hari pertama kampanye diisi dengan dekralasi kampanye damai.

Terkait dengan hasil undian itu, pasangan EA mengatakan, nomor tersebut merupakan nomor yang diharapkan. Karena itu, atas hasil undian tersebut EA berharap semua akan berjalan lancar.

“Alhamdulillah kami mendapatkan nomor 1 nomor yang memang kami haapkan. Insyallah dengan ini semoga ke depan lebih lancar,” ungkap Etik, diamini Agus.

Baca : Tak Penuhi Kuorum, Gunawan Permadi dkk Walk Out dalam Konferprov PWI

Sedangkan Joko Santosa mengatakan, nomor dua adalah viktori. Terlebih nama mereka sama-sama Santoso. Yaitu Joko Santoso dan Wiwaha Aji Santoso.

“Nomer berapapun tidak masalah. Dua itu adalah viktori, jadi kita harapkan kemenangan.” ujar Joko. (Heru Susilo)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan