Jenis Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Dijalankan dari Rumah

0
FOTO ILUSTRASI

JALANKAN bisnis secara mandiri adalah alternatif yang bisa dilakukan saat ini, ketika mencari pekerjaan sulit.

Meski membuka usaha sendiri membutuhkan modal, tapi sebenarnya ada beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil dan dapat dikerjakan dari rumah.

Kalau Anda berniat ingin membuka usaha tapi masih bingung mau bisnis apa, berikut adalah beberapa ide usaha kecil-kecilan yang bisa Anda jalankan di rumah.

  1. Jualan Pulsa

Semakin masifnya penggunaan smartphone, tentu akan berdampak pada tingginya permintaan pulsa.

Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan dengan berjualan pulsa, baik itu pulsa telepon maupun paketan data atau quota.

Bisnis pulsa ini sebenarnya tidak butuh modal yang besar, Anda bisa deposit dengan dana yang minim, dan bagusnya usaha ini bisa dilakukan di rumah.

Saat ini, sudah banyak vendor penyedia pulsa dengan harga yang bersaing. Bahkan, marketplace ternama pun menawarkan untuk menjadi mitra mereka dalam berjualan pulsa.

Meski keuntungan dari hasil jualan pulsa tidak terlalu besar, tapi jika pelanggan setia Anda sudah banyak, usaha ini bisa berkembang pesat dan bukan tak mungkin jadi penghasilan utama Anda.

Kunci kesuksesan bisnis kecil-kecilan ini adalah dari banyaknya pelanggan. Tentu pelanggan akan tertarik jika Anda menjual pulsa dengan harga murah dan pelayanan yang baik. Misalnya bisa pesan pulsa dulu lewat WA, yang akan dibayar kemudian.

  1. Jualan Online

Seperti poin pertama, maraknya penggunaan smartphone, juga memicu tingginya penggunaan internet. Semakin tinggi pengguna internet, semakin banyak orang yang melek tentang segala sesuatu yang berbau online, termasuk berbelanja secara online.

Kalau Anda mempunyai usaha yang masih offline, kenapa tak coba melebarkan sayap dengan berjualan online? Lumayan, Anda bisa dapat pemasukan double, dari usaha offline, maupun hasil bisnis online.

Jika Anda tak punya usaha sebelumnya, Anda bisa coba bantu jual dagangan teman. Anda jual dagangan tersebut lewat Media sosial, maupun membuat akun di marketplace-marketplace besar. Semakin banyak media promosi Anda, semakin besar peluang barang terjual.

Pada usaha jenis ini, Anda hanya membutuhkan smartphone dan juga quota yang cukup. Yang penting, deskripsi produk dan bahasa promosi Anda menarik. Tak kalah penting, harga yang lebih murah dibanding kompetitor lain.

  1. Reseller

Usaha ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Hanya saja, menjadi reseller lebih mudah lagi prosesnya dan tak butuh modal.

Pada dasarnya, jadi reseller itu seperti calo, yaitu menjual kembali dagangan orang dan mengambil selisih keuntungan.

Dengan menjadi reseller, Anda bisa jual barang apa saja dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari barang aslinya. Oleh karena itu, kejelian Anda dalam mencari pedagang yang menjual barang murah dan bisa diajak kerja sama menjadi poin penting.

Untuk usaha ini, sebaiknya Anda bisa berinteraksi langsung dengan suplier barang, agar Anda lebih mudah dan dapat harga lebih miring. Percayalah, semua pedagang akan senang jika ada yang mau bantu promosikan dagangan mereka, termasuk kehadiran para reseller.

  1. Blogger

Lagi-lagi, usaha yang berbau online sedang gencar-gencarnya. Termasuk menjadi blogger.

Mungkin Anda belum tahu tentang profesi ini, dan bagaimana mereka bisa menghasilkan uang secara online. Gampangnya, jadi blogger adalah seperti apa yang sedang Anda baca, yaitu menyajikan tulisan dalam format blog.

Anda bisa menulis apa saja, seperti keahlian yang Anda miliki, minat terhadap sesuatu, atau apapun yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Namun, untuk menjadi blogger diperlukan keahlian dalam menulis, tujuannya agar pembaca mengerti apa yang Anda tulis dan mereka betah lama-lama di blog Anda. Ini sih gak mutlak, banyak juga blogger sukses yang menulis tanpa mengikuti kaidah-kaidah penulisan, yang penting tulisan gampang dimengerti dan enak dibaca!

Lalu darimana penghasilannya?

Penghasilan seorang blogger bisa dari berbagai sumber, seperti:

  • Hasil Iklan (AdSense, MGID, dan lainnya)
    Review Produk Orang lain
    Slot Iklan Mandiri
    Jualan di Blog

Namun, untuk menjadi blogger yang sukses tidak mudah, yang paling penting blog tersebut punya traffic yang tinggi untuk menghasilkan konversi.

Kalau Anda ingin tahu cara membuat blog, silahkan Anda googling sendiri, karena penjabarannya cukup panjang. Sudah banyak tutorial yang mengajarkan bagaimana membuat blog langkah demi langkahnya.

Modal yang Anda butuhkan adalah quota internet dan laptop atau PC. Kalau tidak memiliki laptop, Anda juga bisa ngeblog lewat HP.

  1. Biro Jasa

Biro jasa merupakan jenis usaha jasa kecil-kecilan yang butuh modal kecil. Paling Anda hanya butuh ongkos buat wara-wiri kesana-kesini.

Biro jasa bisa mencakup beberapa usaha, seperti:

  • Jasa balik nama kendaraan
    Bayar pajak
    Pembuatan perusahaan
    Pengurusan surat-surat penting lain

Jadi sebenarnya cakupannya tidak sebatas kendaraan saja. Semakin banyak hal yang bisa Anda urus, semakin besar peluang job datang untuk Anda.

Untuk memulai, cobalah Anda main di jasa pengurusan kendaraan dulu, seperti bayar pajak dan balik nama. Seiring berjalannya waktu, Anda perlu upgrade kemampuan lain agar cakupannya lebih luas lagi.

Kenapa orang butuh biro jasa?

Biasanya karena mereka tidak tahu bagaimana proses pengurusannya, dan juga karena tidak ada waktu karena kesibukan. Sehingga, orang tak sungkan-sungkan menggunakan biro jasa untuk pengurusannya.

  1. Jasa Percetakan

Disini Anda tidak bertindak sebagai pemilik percetakan, karena buka usaha percetakan itu butuh modal besar.

Jasa percetakan hanya menerima order cetak, lalu Anda memprosesnya ke percetakan besar. Bisa dibilang Anda jadi calo percetakan yang mengambil selisih keuntungan.

Tapi, kalau cetakan-cetakan kecil seperti print sederhana, membuat plakat atau hal lain yang bisa dikerjakan sendiri, sebaiknya tak usah menggunakan jasa percetakan besar.

Apa saja job yang bisa diambil jasa percetakan?

  • Membuat buku Yasin
    Kalender
    Print
    Plakat
    Piagam
    Poster / flayer

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini juga tidak terlalu besar. Misalnya Anda butuh komputer dan printer, selebihnya bisa Anda serahkan kerjaan ke percetakan.

Tempatnya bisa di rumah, atau kalau ada modal lebih Anda bisa buka kios kecil di pinggir jalan.

  1. Warung Jajanan Anak-anak

Menjual jajanan anak ini tidak ada matinya, selama masih ada anak-anak disekitar tempat tinggal Anda.

Untuk memulai usaha kecil-kecilan ini pun sebenarnya tidak membutuhakan modal yang besar, karena memang jajanan anak-anak kebanyakan murah-murah. Paling Anda membutuhkan blender untuk membuat jus yang disukai anak-anak.

Selain itu, bisa juga dengan menjual makanan cepat saji seperti sosis bakar, nugget dan makanan lain yang disukai oleh anak-anak.

Walaupun keuntungan dari bisnis ini kecil, tapi lumayan buat tambah-tambah pemasukan rumah tangga, daripada tidak ada tambahan sama sekali!

Bisnis ini cocok dijalankan oleh ibu-ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tapi tetap tidak meninggalkan rumah.

Dan yang paling penting, pastikan disekitar Anda banyak anak kecilnya. Lebih baik lagi kalau tempat tinggal Anda dekat dengan sekolah.

  1. Berjualan Nasi Uduk

Usaha ini bisa dijalankan di pagi hari, tapi tak menutup kemungkinan Anda membukanya di waktu malam.

Jika melihat di lingkungan Anda banyak suami istri yang kerja, biasanya mereka jarang membuat sarapan pagi. Nah, ini kesempatan Anda buat membuka bisnis kecil ini.

Tidak sebatas nasi uduk saja, Anda juga bisa menyediakan menu lain yang cocok untuk sarapan. Seperti, lontong sayur, gorengan dan kue-kue basah.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini sebenarnya tidak terlalu besar, dan bagusnya bisa dijalankan di rumah.

Hanya saja untuk berjualan nasi uduk di pagi hari, Anda harus bangun pagi sekali untuk mempersiapkan masakan, karena jam 6 pagi usaha Anda harus sudah buka.

Kalau tak mau berjualan di rumah, Anda bisa cari tempat strategis. Biasanya di perempatan jalan, atau yang sekiranya jadi tempat lalu-lalang orang.

  1. Jualan Lauk Matang

Bisnis kuliner ini juga cukup menguntungkan. Di mana belakangan ini kalau diperhatikan orang-oang agak malas masak.

Namun, untuk membuka bisnis lauk matang, Anda butuh keahlian memasak. Dan yang pasti masakan Anda harus enak! Ingat, penikmat kuliner itu sangat sensitif terhadap rasa, sehingga rasa menjadi prioritas utama dari usaha kuliner ini.

Selain rasa, pilihan menu juga harus diperhatikan. Orang-orang akan lebih suka membeli lauk di tempat yang banyak pilihannya.

Modal yang dibutuhkan dalam usaha kuliner ini tidak banyak, tergantung banyaknya menu yang Anda sajikan. Tapi yang pasti, Anda butuh skill memasak dan juga peralatan masak sebagai modal utama.

Itulah beberapa jenis usaha kecil-kecilan yang bisa Anda jalankan di rumah dengan modal yang cukup kecil. Kunci kesuksesan semua bisnis adalah konsistensi dan pantang menyerah. Semoga sukses dengan bisnis Anda! (Ivan Runa)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan