Agar tidak Monoton Sosialisasi Narkoba Lewat Konsep Entertainment

0
penyuluhan-narkoba-smk-jenawi
EDUTAINMENT : Peserta sosialisasi dan penyuluhan antinarkoba di Aula SMKN Jenawi mengikuti materi yang disampaikan dengan konsep edutainment oleh grup Danar and The Blangkon, Rabu (30/9) sore.

KARANGANYAR – Penyuluhan dan sosialisasi antinarkoba lewat cara edutainment, dinilai lebih efektif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Sekretaris Tim Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Karanganyar Hendro Prayitno mengungkapkan, sosialisasi dan penyuluhan dengan cara monoton hanya akan membuat peserta jenuh. Imbasnya, materi yang disampaikan tidak bisa diterima secara maksimal.

“Tapi dengan konsep edutainment, lebih mudah diterima. Ada sisi hiburan sekaligus penyampaian pesan. Sosialisasi lebih mengena, karena tidak monoton,” katanya, ditemui di sela kegiatan penyuluhan antinarkoba di Aula SMKN Jenawi, Rabu (30/9) sore.

Kegiatan itu digelar oleh Karang Taruna Desa Menjing, Kecamatan Jenawi, dengan mengundang perwakilan berbagai unsur masyarakat, termasuk siswa SMKN Jenawi.

Dengan konsep edutainment, Tim P4GN Karanganyar beberapa waktu terakhir gencar mengadakan sosialisasi dan penyuluhan antinarkoba, dengan menggandeng Danar and The Blangkon. Grup ini dimotori tiga pemuda penyuluh antinarkoba, yang menyampaikan materi dengan konsep entertainment.

“Secara intensif, sosialisasi dilakukan kepada kelompok-kelompok masyarakat, pemuda dan siswa, dengan harapan mewujudkan Karanganyar bebas narkoba,” tandasnya.

Agus Widanarko, salah satu personel Danar and The Blangkon berharap, pemuda menjadi motor penggerak dalam perang melawan narkoba.

“Anak muda yang belum kena narkoba, jangan sampai kena. Yang kena, dirangkul untuk disembuhkan. Jangan dijauhi, tapi dirangkul agar sembuh dan bangkit kembali,” katanya. (is)

Tinggalkan Pesan