Tak Disangka, Ternyata 5 Buah Ini Mengandung Kadar Air yang Tinggi

0
Nanas

AIR sangat penting untuk tubuh kita, karena sebagian besar tubuh terdiri dari carian. Oleh sebab itu, kita dianjurkan minum setidaknya 3 sampai 4 liter per hari untuk orang dewasa.

Selain itu, agar tetap terhidrasi, kita juga perlu mengisi kembali cairan tubuh setelah berkeringat.

Kekurangan cairan pada tubuh dapat mengakibatkan beberapa kondisi kesehatan serius, seperti gangguan pada ginjal, kulit kering, maupun sulit fokus.

Cara terbaik untuk menghidrasi tubuh ialah dengan minum air putih, atau dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar air yang tinggi.

Apa saja buah-buahan yang memiliki kandungan air tertinggi? Berikut daftarnya!

  1. Nanas

Selain rasanya yang enak dan mudah diolah, ternyata nanas merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi. Kadar air dalam buah tropis ini mencapai 87 persen.

Karena mengandung nutrisi tinggi, nanas memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Misalnya, kadar vitamin C yang cukup tinggi, nanas dapat melawan kerusakan sel, sehingga membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, kandungan serat larut dan tak terlarut pada nanas sangat baik untuk urusan pencernaan.

Manfaat baik lainnya seperti meningkatkan kesehatan tulang, serta dapat mengurangi risiko degenerasi makula karena kandungan antioksidan yang tinggi.

  1. Jeruk

Satu lagi buah yang sering dijumpai di pasar atau supermarket, yaitu Jeruk. Selain rasanya enak, jeruk juga bisa menghilangkan dahaga saat tenggorokan terasa kering.

Jeruk

Itu karena buah jeruk mengandung air yang cukup tinggi di dalamnya. Tak tanggung-tanggung, jeruk mengandung 87 persen kandungan air, sama seperti nanas.

Manfaat lain yang bisa didapat dari buah jeruk seperti dapat mengurangi risiko kanker, itu berkat kandungan limonoid dan fitokimia yang tinggi. Jeruk juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol karena kandungan serat larut yang tinggi.

Tidak hanya itu, kalium yang tinggi pada jeruk baik untuk kesehatan jantung. Dan, kandungan vitamin C yang juga baik untuk menjaga kulit tetap sehat.

  1. Belimbing

Buah tropis ini pun memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sekitar 91 persen. Kabar baiknya, tidak sulit untuk menemukan belimbing di Indonesia. Dan yang pasti harganya pun tidak terlalu mahal.

Belimbing

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, belimbing pun punya rasa yang enak dan menyegarkan. Buah ini bisa dikonsumsi dalam bentuk jus, dimakan mentah, maupun dijadikan campuran rujak.

Manfaat yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi belimbing seperti dapat melawan peradangan, karena jumlah flavonoid dan antioksidan yang tinggi.

Kandungan serat tinggi dan kalori yang rendah pada buah belimbing dapat membantu menurunkan berat badan. Sangat cocok dijadikan buah untuk diet.

Sebagai sumber yang kaya kalium, buah belimbing dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menyeimbangkan tekanan darah.

  1. Semangka

Tak kalah hebat soal kandungan air, semangka memiliki 92 persen kandungan air di dalamnya. Rasanya tak sulit untuk menemukan buah ini dimanapun.

Buah nikmat yang begitu menyegarkan ini bisa dijadikan penghilang dahaga sekaligus sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Semangka

Beberapa manfaat baik buah semangka seperti dapat melawan sel kanker karena kandungan likopen di dalamnya. Dan lagi, kandungan serat yang tinggi pada semangka dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Di samping itu, semangka mengandung banyak vitamin yang menyehatkan jantung seperti Vitamin A, C dan B6.

  1. Timun

Di luar perdebatan mengenai timun termasuk jenis sayur atau buah, tak menghilangkan fakta bahwa timun memiliki kandungan air yang begitu tinggi. Sekitar 96 persen kandungan air terdapat pada timun.

Banyak cara untuk mendapat kebaikan nutrisi dari timun, seperti dibuat salad, dimakan mentah, dibuat jus, maupun sebagai campuran rujak. Apapun bentuknya, buah ini sangat baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin.

Timun

Khasiat yang didapat bila mengonsumsinya secara rutin seperti meningkatkan kesehatan otak, berkat kandungan flavonoid yang disebut fisetin. Kandungan serat yang tinggi pada mentimun juga baik untuk fungsi pencernaan.

Dalam hal kecantikan, timun dapat mengurangi mata bengkak atau mata panda, dengan cara mengiris lalu menempelkannya pada bagian mata. Selain itu, timun juga kerap dijadikan masker untuk mendapatkan wajah yang lembab dan sehat. (Ivan Runa)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan