5 Benda Tertua yang Pernah Ditemukan di Dunia

0
Koin-Tertua
FOTO/DOK

BANYAK benda di sekitar kita yang diperkirakan baru ada sejak zaman modern, ternyata telah digunakan berabad-abad silam, bahkan puluhan ribu tahun lalu.

Apa saja benda tertua yang pernah ditemukan? Berikut daftarnya!

  1. Koin Tertua

Koin tertua yang pernah ditemukan adalah koin Lydia, yang terdiri dari campuran emas dan perak yang disebut elektrum. Koin tersebut dibuat sekitar 600 SM oleh kerajaan Lydia, lokasinya sekarang berada di wilayah Turki modern.

Bentuk dari koin tersebut berbeda dikedua sisinya, bagian depan memiliki kepala singa, sedangkan bagian belakang memiliki bekas pukulan di mana palu menghantam bagian logam kosong.

Meskipun koin tersebut sudah sangat tua, tetapi sebenarnya penggunaan uang sendiri sudah ada sejak peradaban Mesopotamia, yang menggunakan syikal pada 3000 tahun sebelum Masehi. Namun uang tersebut tidak berupa koin seperti yang ditemukan di Lydia.

Sebelum syikal, budaya kuno pun sudah menggunakan alat tukar berupa komoditas, tetapi hanya komoditas tertentu yang dianggap memiliki nilai untuk digunakan dalam perdagangan.

  1. Sepatu Tertua

Ternyata sepatu tidak hanya digunakan oleh orang-orang modern saja, jauh sebelum itu, manusia di masa lampau sudah menggunakan benda ini sebagai pelindung kaki mereka.

Sepatu tertua yang pernah ditemukan tercatat berumur lebih dari 5.500 tahun, dan dinamai “Areni-1”. Sepatu berbahan kulit ini ditemukan pertama kali pada tahun 2008 di sebuah goa provinsi Vayoys Dzor, Armenia, dengan kondisi yang cukup baik. Sayangnya hanya sebelah saja.

Sepatu-Tertua
image by thevintagenews.com

Uniknya, saat ditemukan terdapat rumput di dalam sepatu. Diperkirakan rumput ini digunakan untuk mempertahankan bentuk sepatu saat tidak dipakai.

Sepatu kuno ini terlihat menggunakan tali seperti sepatu modern. Ini mirip dengan Opanci, sepatu tradisional Balkan yang masih digunakan sampai sekarang.

Bersamaan dengan sepatu, ditemukan juga wadah dengan gandum yang diawetkan, aprikot, dan barley.

  1. Alat Musik Tertua

Sudah sejak lama musik mengiringi peradaban manusia. Sebelumnya, alat musik tertua pernah ditemukan di gua Hohle Fels, Jerman selatan oleh Profesor Nick Conard dari Universitas Tuebingen. Ia menemukan sebuah alat musik seruling berusia 35.000 tahun berukuran 20 cm, yang terbuat dari tulang sayap burung nasar.

Alat-Musik-Tertua
image by nms.si

Namun belakangan, sang Profesor kembali menemukan alat musik yang lebih tua, berumur sekitar 42.000 tahun. Alat musik tersebut berbentuk seruling yang terbuat dari tulang burung, dan beberapa diantaranya terbuat dari gading mammoth.

Kabar terbaru, ditemukan alat musik yang sudah berumur 60.00 tahun, yang dinamakan “Suling Neanderthal”. Instrumen ini ditemukan di sebuah gua yang bernama Divje babe, dekat Cerkno, Slovenia. Seruling terbuat dari tulang paha kiri beruang gua muda.

  1. Peta Tertua

Jika zaman sekarang orang-orang menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System) sebagai alat navigasi, dahulu orang masih menggunakan peta untuk segala keperluan.

Peta Tertua
FOTO/DOK

Peta dunia tertua yang diketahui adalah Imago Mundi, Peta Dunia Babilonia, yang berasal dari 500 dan 700 tahun sebelum masehi. Peta tersebut adalah ukiran yang menggambarkan Babilonia di tengahnya. Ditampilkan juga gambaran Asiria dan Elam yang dikelilingi oleh “Laut Asin”.

Sedangkan peta geografis tertua yang pernah ditemukan adalah Peta Papirus Turin. Amennakhte, seorang juru tulis terkenal di Mesir kuno, menggambar peta itu sekitar tahun 1150 SM.

  1. Perhiasan Tertua

Pada 2008, arkeolog Rusia menemukan apa yang dianggap sebagai perhiasan tertua di dunia, yaitu gelang berusia sekitar 70.000 tahun.

Perhiasan ini ditemukan di sebuah gua di Siberia dan diyakini sebagai peninggalan dari budaya Denisovan.

Perhiasan-tertua
image by dailymail.co.uk

Yang membuatnya menakjubkan, ialah proses pengeboran pada gelang. Para ilmuwan masih tidak dapat menjelaskan bagaimana sebuah budaya yang berusia hampir 100.000 tahun dapat memiliki teknologi pengeboran semacam itu.

Meskipun demikian, gelang tersebut terlihat cukup indah, terbuat dari klorit yang memberikan warna hijau menawan. (Ivan)

Editor : Nindya

Tinggalkan Pesan