Banyak Penerima UMKM RP 2,4 Juta Ditolak, NIK Tidak Cocok

95
pengaduan-umkm-sragen
TERIMA PENGADUAN - Kades Sambirejo Prihandoko menerima pengaduan Hj Mutmainah warga Dukuh Sambirejo RT 13, karena bantuan UMKM Rp 2,4 Juta tidak bisa dicairkan.(sms/anin)

SRAGEN,sms.com – Banyak pelaku usaha mikro tidak bisa mencairkan dana bantuan UMKM Rp 2,4 juta. Masalahnya saat akan mengambil bantuan Program Banpres Produktif itu, Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP tidak sama.

Hal itu oleh pihak bank diasumsikan, pengambil adalah orang lain atau orang yang tidak berhak. Padahal tertulis jelas nama dan alamat penerima.

Kades Sambirejo Kecamatan Plupuh Prihandoko mengaku mendapat laporan terkait tidak cairnya bantuan UMKM Rp 2,4 juta, karena NIK di KTP tidak cocok.

Untuk keperluan itu, lanjut Prihandoko pihak perangkat desa memberikan surat pengantar yang memberikan dukungan kalau penerima adalah orang yang sama sesuai daftar penerima.

“Penerima sesuai daftar berhak menerima bantuan UMKM Rp 2,4 juta tapi ada ketidakcocokan di NIK KTP, akan dibantu,” tutur Prihandoko.

Karena banyak warga saat mengambil bantuan membawa KTP lama atau KTP yang NIK-nya tidak sama sewaktu mendaftar dulu.

“Kalau memang terdaftar sebagai penerima dan benar-benar bertempat tinggal sesuai alamat, akan dibantu,” tandas Prihandoko memberikan jaminan.

Seperti dialami Hj Mutmainah warga Dukuh Sambirejo RT 13 Desa Sambirejo, Plupuh, tidak bisa mencairkan dana bantuan, karena NIK-nya di data perbankan beda dengan KTP yang dibawanya. Prihandoko pun turun tangan, agar bantuan itu segera cair.

Aturan Ketat

Sebaliknya bagi yang tidak berhak, lanjut Prihandoko meski masuk dalam daftar penerima, maka akan ditolak. Bisa saja warga itu ber-KTP namun sudah pindah alamat atau pindah ke desa lain. Kejadian serupa juga dialami sejumlah warga Desa Sidoharjo Kecamatan Sidoharjo, Sragen.

Ada warga yang menemui Kaur Perencanaan Desa Sidoharjo Wawan Agus Bawa Wahyudi ST, karena saat akan mengambil bantuan UMKM Rp 2,4 juta tidak bisa cair, karena KTP yang tidak sesuai. Pihak desa merespon dengan mengecek persyaratan admisnistratib.

Jika memang calon penerima masuk daftar penerima, akan dibantu. Sejumlah warga di desa calon penerima bantuan UMKM mengalami penolakan, karena pihak perbankan menerapkan aturan yang ketat tentang tata cara pencairan dana bantuan UMKM. Agar dana tidak mengalir ke penerima yang sebenarnya tidak berhak.(anin)

Editor : Santo

95 KOMENTAR

  1. Bukan hanya Hj Mutmainah warga Dukuh Sambirejo RT 13 Desa Sambirejo, Plupuh sy pun demikian , cuma sy gak tahu harus lapor kmn. Bikin pusing kok bisa salah NIK nya. Di ombang ambingkan kesana kemari. Katanya harus lapor ke pembuat/ pencatat data pertama sebelum data tersebut di ajukan, haduh bikin tambah mumet lagi. Sedang dana udah turun msh harus ngurus lagi, trus dapatnya kpn, sedang batas pengurusannya tanggal 10-10-2020, sekarang udah tanggal 21-10-2020.

  2. Istri saya dapat SMS dari BRI setelah datang ke BRI unit Purwojati nik nya beda satu angka.alamat,nomer telpon tanggal lahir sama.
    BRI seperti lepas tangan tidak mau mengurusnya.dan saya tanya ke pengusul awal(dinas koperasi dan UKM Purwokerto)katanya itu bukan tanggung jawab kami.kami hanya mendata saja ,sedangkan teknis pembagian adalah wewenang BRI.
    Kemana saya harus mengurusnya??

  3. Saya dpt sms untuk bantuan umkm tpi pas dicek beda satu angka sama nik tapi alamat dan namanya benar dan bank tidak mau mencairkan jdi tlng solusinya gimama caranya agar bisa cair,seblmnya terima kadih

  4. Nik KTP saya terdaftar tapi yg keluar nama orang lain,bagaimana ini sedangkan saya perlu modal untuk usaha saya,yg lagi mengalami dampak pandemi sekarang ini,tolong bantuannya kepada pihak yg berwenang,bagaimana caranya agar bisa cair

    • Sama..nik terdaftar tapi yg keluar nama orang lain ,sdh sebulan lebih ngurus sana sini,ke capillah,ke dinas koprasilah,nahh,,, terakhir kemarin disuruh ke kantor kelurahan utk mnta surat pernyataan klo benar2 nik tsb punya saya…eeh…kirain udh mau cair..ternyata di suruh nunggu sambil ngecek2 di eform bri klo namanya sudah sesuai dgn nik…hadeeeeh….sama adja boong..
      Apa mungkin akan ada perbaikan data yg jumlahnya sampai ribuan gitu…di tempatku saja gak sedikit orng yg sama masalahnya dgn saya

  5. Pas sy cek di bank bri kemarin nama sy masih ada. Pas pencairan sy di tolak ole pihak bank. Katanya nama sama nik sy beda di capil. Trus sy di suruh pulang katanya nanti bru di hubungngi. Tapi sampai skarang blum ada tanda2. Teus sy cek balik nik sy di forum bri. Tiba2 nik sy sudah tidak terdaftar. Bingung sy apa sy bsa dapat apa tidak. Tlong di jawab bozque.

  6. Sama orang tua saya juga mendapatkan bantuan itu sudah tanda tangan sebulan yang lalu ketika petugasnya ditanya mana kartu ATM selalu saja banyak alasan,dan tadi ke bank BNI mengecek nik ternyata uang itu sudah di cairkan tetapi hanya tinggal uang saldo 350rb
    Terus konfirmasi ke pihak bank mekar katanya niknya beda 1 pas diujungnya sedangkan alamat dan namanya sama.
    Ini harus dibantu seharusnya orang yang pemilik data yang dapet ini malahan orang lain yang mencarikannya

  7. Seharusnya pihak bri tidak mempersulit, salah satu 1 dibelakang aja dipersulit disuruh kesana kemari sedangkan database di kelurahan dan kecamatan benar. Yg salah ada dipihak bri karna mereka yg punya program e-form dan seharusnya bagian IT bisa membantu. Saya sudah berkali2 mondar mandir ngurusin dokumen ibu saya sampai sekarang malah dipersulit, disangka tdk terdaftar lah. Banyak alasan kalau memang mau makan hak orang yg gak mampu gak seperti itu cara nya. Kata yg berkaitan dengan bank harus detail identitasnya kalau seumpama dana yg turun untuk berwajib tapi dipersulit apa tdk kena sanksi?

  8. Aqu juga bernasib sama no nik aqu yang terinput.tapi nama orang lain. udah berusaha k kantor umkm nya langsung krn saran dari satpam bri harus d benarkan k kantor umkmnya langsung.
    Walau sudah capek mundar mandir k kantor umkm tapi hasilnya nihill ttp keputusan bank tidak bisa menjamin mencairkan bilangnya begitu…sudah benar benar capek ngurusin nya klo emang bantuan dari pemerintah knp harus d persulit sih.kesalahan data itu bukan kesalahan kita…..tolong lah kasihani kita yg benar” butuh jngan d persulit.kita tuh udah seneng dapet bantuan modal usaha eh tau”nya d bikin rumit oleh pihak bank..

  9. Aqu juga bernasib sama no nik aqu yang terinput.tapi nama orang lain. udah berusaha k kantor umkm nya langsung krn saran dari satpam bri harus d benarkan k kantor umkmnya langsung.
    Walau sudah capek mundar mandir k kantor umkm tapi hasilnya nihill ttp keputusan bank tidak bisa menjamin mencairkan bilangnya begitu…sudah benar benar capek ngurusin nya klo emang bantuan dari pemerintah knp harus d persulit sih.kesalahan data itu bukan kesalahan kita…..tolong lah kasihani kita yg benar” butuh jngan d persulit.kita tuh udah seneng dapet bantuan modal usaha eh tau”nya d bikin rumit oleh pihak bank..

  10. saya juga no NIK terdaftar
    tapi namanya atas nma orang lain padahal jelas itu yg terdaftar NIK saya
    klo yg d buwat acuan NIK lntas knp klo ada kekeliruan atas nama tdk bisa di cairkan
    yg terdaftarkn bukan nama melainkan NIK
    klo ada kesalahan atas nama berarti itu bkn kslhn kita
    knp dr pihak bank BRI yg tertunjuk sbg penyalur bantuan tdk bisa membantu mempermudah penerima yg benar pegang identitas diri asli/E-KTP yg NIK nya bnar terdaftar sbg penerima bantuan presiden usaha mikro
    klo ada kslhn syarat ap yg prlu d lngkpi agar bisa mencairkn bntuan trsbt

  11. Sya Sri mulyati nomor nik KTP SMA nomor nik KK tidak sma CMA belakang y saja di KTP belakang y 17 d KK belang nya 19..sebenar nya atas nama sya tercantum bahwa penerima UMKM yg nik KK yg aktf..karNa yg terdaftar & aktif y nik KK..pihak bank sama sekali tidak mau mencairkan uang y..padahal sya sudah kasih bukti surat2 pengantar dari capil,RT ataw RW ..msih tetap tidak bisa dicairkan jg dr bank nya ..saya berharap bapak atau ibu pemerintah ksih solusi nyA agar pihak bank mengerti & d permudah..syA sebagai rakyat kecil sangat butuh bantuan pemerintah..sedang saya benar2butuh bantuan itu untuk mengembangkan usaha saya..karNa semenjak covid 19 usaha saya turun derastis tolong bantuannya..sya dr Bogor Jawa barat..

  12. Sya padahal d e_form BRI terdaftar penerima bantuan UMKM..tp sayang yg d e_form terdaftar aktif y nik KK BKN nik KTP..sampe2 pihak bank tidak mau mencairkan uang y..padahal sya sudah buat bukti dari capil SMA RT atw RW bahwa sedang d perbaiki nik KTP sya tp pihak bank tetap keras tidak mencairkan uang y..padahal sudah tercantum nama sya disitu ad..pak ibu pemerintah Tlng solusi y kami rakyat kecil sungguh2 butuh bantuan itu untuk modal usaha kami..Tlng jangan d persulit karNa dah cukup semenjak covid 19 hidup kami usaha turun derastis..mohon bantuan y agar d permudah dari bank padahal sudah termasuk rezeki kami pak Bu..semua kesalahan Nik KTP padahal bkn dr kami..

  13. saya terdaftar, saya udah ke bri, katanya pihak bri akan ada yg datang untuk survei, tapi udah lebih 1 bulan ga datang2, kalo di tanya mrk bilang tunggu, tapi entah sampai kapan…, ga tau mau urus kemana lagi..

  14. Aneh saja , dapat bantuan , nik dan nama atas nama hari sanjaya sudah benar kenapa pas di cek di e from bri malah yg muncul nama yg berbeda padahal itu nik atas nama hari sanjaya kenapa muncul beda nama sungguh aneh

  15. Bnyak kasus sprti ini , pdhl kami bnr2 mmbthkn bntuan ini , tolonglh jgn dipersulit bntuan ini , ini bntuan lgsung dr pmrintah , knp dprsulit dr pihak bank .?? Nik udh BNR knp nama cm krg lgkp , atau kliru satu hrf sj tdk BS dcairkn .kasus sy sdh hmpir 3bln sampai skrg tdk ada klnjutannya , toh uang jls2 jg SDH masuk direkening itu , knp dprsulit ???

  16. Saya tdk dapat mencairkan bantuan modal usaha bpum.alasan bri nama saya salah ketik dr koprasinya.saya ris bastian.menjadi aris bastian.walau nik saya benar dan alamat juga benar.nmn bri kaku sekali ttp tdk mencairkan.gimana solusinya .ayo donk ak mentri di bantu krn saya sangat membutuhkan dana tsb.untuk modal usaha.yg hancur semenjak covid ini.walau sdh minta surat keterangan dr kelurahan.nmn ttp saja tdk bisa cair.

  17. kesalahan saya cuma 1huruf saja di bagian nama tapi sudah 3minggu ngurus blm bisa di cairkan
    dan saya di suruh nunggu lagi , bolak balik , antrinya masyallah ?
    saya tidak mau ngeluh & tidak ada yg bisa di salahkan. cuma saya pengen tau saja sebenarnya bisa di ambil apa tidak. saya sudah brkali2 libur kerja cuma ngurus itu. kalaupun tdk bisa ya saya move on saja. saya sudah cukup banyak membuang waktu saya

  18. Dr pertama dapat SMS bahwa saya terdaftar penerima UMKM tp kerna yg keluar nik suami dan rekening atas nama saya.. Dan saya pun sdh pengaduan k kemenkop dan pihak kemenkop cuma memberikan surat pernyataan bahwa data saya sdh benar tp pihak bank tetap tidak bisa memproses pencairan uang UMKM tersebut.. Pdhl saya sudah cape bolak balik.. Tp g ada solusi penyelesaian nya

  19. Sering sekali nomor NIK kita di input tapi malah keluar nama ornag lain, Saya cuma bertanya, apakah ini cuma permainan agar dilaporan anggaran tetap dilaporkan menerima padahal kita tidak menerima sepeserpun dana bantuannya

  20. Kalau suami saya terdaftar sekalian dengan no rekeningya,,, yang jadi masalah suami saya ga punya rekening,,, setelah dicek no rekening tersebut trnyata punya orang lain ngga tau siapa dan masih aktif,,, mohon infonya untuk mncairkan dana tersebut bgaimana?
    Kata pihak bank disuruh minta surat kehilangan atm ke kantor polisi,, padahal atm trsebut msh aktif dan digunaka orang lain entah siapa dan dimana????

  21. Kalo tdk bisa dicairkan karena nik di KTP beda dg nik di rekening sebaiknya BRI bilang aja gak bisa jangan kita disuruh nunggu telpon tp sdh 2 bln blm jg ditelpon sampe kpn harus nunggu? Masak gak ada solusi…aneh

  22. Saya juga sama nik terdaftar tp namanya orang lain sy sdh urus kebank kt nya nunggu 1 minggu lg nanti akan dicocok kan dl di efom bri baru bs dicair kan ini sdh 15 hari nama nya dicek kok msh sm nama orng lain
    Tolong lah bank bri ksh kemudahan agar bantuan nya bisa dicairkan

  23. ada adik saya nama nya sri oktavia,kalau alamat tenpat tinggal benar tapi Nik KTP nya salah 1 angka,kita sudah minta surat pengantar dari desa n pihak desa pun mengeluarkan surat itu mjlakan bahwa nik itu benar milik AN sri oktavia,tapi setelah kmpirmasi ke bank BRI.kita suda mengisi formulir pendaftaran suda di ambil ok photo bhkan buku bank nya pun suda di cetak tnggal buka blokiran pncairan,tapi akhir pihak bank mengasi pnjlasan. buku tbungan ini kami tahan,cz Nik salah biar kami imput dlu data yg salah ini kepusat tp uda 2 munggu pihak BRI blm ada kejelasan.setla di tanya pihak BRI jawab kami tidak bisa memastikan apaka n kapanka bisa dicairkan/tidak sama sekali.❌
    kami sebagai masyarakat butuh penjelasan yg lebih” akurat lagiagar kami tidak berprasangka buruk terhadap pihak pengelola/penyalur ya itu bank BRI.

  24. Betul banget ini..sampi2 masa org udh pernah dapet dapet lagi smpi 2x..jg. Securang gini..Trus org gak ada usahanya gak daftar ehh tiba2 di cek dapet di Efron bri…kita punya usaha jadi gini kasian amat..udh brp bulan nunggu2 gak keluer berubah jg di Efron brinya..nik kita keluar nama orang kan ngacoo

  25. Kalo saya data di bri..no nik benar tapi nama orang lain..sudah bolak balik ngurus kekelurahan-bri..tapi data di bri masih nama orang lain..sebetulnya harus kemana kami ngurus permasalahan ini.ko kami kaya di pingpong.bolak balik ga ada hasil

  26. Nama dan alamat sudah betul tapi Nik beda. Sudah 3x ke bank ttp di tolak. Suruh minta surat keterangan desa ttp pihak bank g trima, di suruh ke dinas koprasi tpi ttp dinas koprasi g bisa kasih rekomendasi. Bagaimana solusinya

  27. Nik tetdaptar sebagain penerima bpum pas di cek malah yang keluar nama orang lain,, dari pihak bank hnya menyampaikan dana belum bisa di cairkan tunggu sampai ada yng nlp, ampe skarang gak ada yang nlp2 gmna ini

  28. Punya bapa saya juga no nik KTP.sama TPI nama yg bermasalah tidak bisa cair,,di tanya harus bawa syarat apa dari desa atau dri mna biar bisa cair jwbn dri pihak bank cuma jawab tidak bisa tanpa memberi solusi harus apa.

Tinggalkan Pesan