Wonogiri Punya Rumah Edukasi Kopi

0
rumah-kopi-wonogiri
RUMAH EDUKASI : Manajer UP3 PLN Sukoharjo La Ode Lawati menyerahkan bantuan Rumah Edukasi Kopi kepada Rudi Cahyono, kepala Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Selasa (13/10). (sms.com/ky)

WONOGIRI,sms.com – Rumah Edukasi Kopi diresmikan di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Selasa (13/10/2020). Selain sebagai wahana untuk memberi edukasi mengenai kopi, bangunan itu juga membantu petani desa setempat dalam memproses biji kopi.

Rumah Edukasi Kopi dibangun melalui corporate social responsibility (CSR) PLN Peduli dengan dana sebesar Rp 40 juta. Bangunan tersebut diserahkan oleh Manager UP3 PLN Sukoharjo La Ode Lawati kepada kepala Desa Conto Budi Cahyono.

Selanjutnya, Rumah Edukasi Kopi dimanfaatkan para petani kopi Desa Conto untuk mempermudah proses pengolahan kopi. “Semoga dapat memberi manfaat dalam proses pengolahan kopi dan menggerakkan roda perekonomian Desa Conto,” kata La Ode.

Kepala Desa Conto Rudi Cahyono menuturkan, desa tersebut dahulu merupakan penghasil kopi di Wonogiri. Budi daya kopi di Desa Conto bahkan telah berlangsung sejak zaman penjajahan. Oleh karenanya, pihaknya ingin mengembalikan citra Desa Conto sebagai produsen kopi dengan merintis desa wisata kopi.

Dalam kesempatan yang sama, para petani kopi Desa Conto juga dibekali pelatihan pemrosesan biji kopi dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kabupaten Wonogiri.

Megan, petani kopi asal Jawa Barat yang menjadi pemateri mengatakan, dinas/instansi terkait sebaiknya mendorong para petani memperoleh sertifikat organik. Hal itu diperlukan untuk mengangkat brand image kopi Indonesia. Terlebih, produk-produk organik sangat dihargai di dunia internasional.

Bagus Adi Santoso, pegiat kopi WonogiriCh mengatakan, Rumah Edukasi Kopi dimanfaatkan sebagai wahana memberikan pendidikan mengenai kopi. Sudah banyak yang mengunjungi desa itu untuk belajar tentang kopi.

Sular (60) petani kopi Dusun Sumber, Desa
Conto mengaku sangat terbantu adanya Rumah Edukasi Kopi. Pasalnya, bangunan itu dilengkapi dengan mesin pengupas kopi dan fasilitas pengeringan kopi. (ky)

Editor : Santo

Tinggalkan Pesan