Anggota Senkom Bantu Warga Mengungsi di Tempat Aman

0
senkom-mitra-polri
BERI PENJELASAN- Ketua Umum Senkom Mitra Polri, Katno Hadi saat menyampaikan instruksi kepada anggotanya untuk memberikan bantuan dalam musibah banjir di Tanggamus, Sumatera, Kamis (15/10/2020). (sms.com/dokumentasi)

*Banjir Melanda di Tanggamus, Sumatera

SOLO, sms.com– Musim penghujan yang sudah meluas di berbagai wilayah Indonesia, rawan terjadi bencana di sejumlah tempat.

Tidak terkecuali hujan yang terjadi sejak September lalu, membuat wilayah Tanggamus hampir dipastikan mengalami banjir jika musim penghujan hingga berlangsung sampai akhir 2020.

Terbukti pada Rabu (30/9/2020) malam, sekitar pukul 19.00 WIB, telah terjadi luapan air sungai di Pekon Sukaraja dan air parit meluap di Jalan Way Kerap,  Sedayu sehingga mengganggu arus lalu lintas barat Sumatera Way Kerap Sedayu, serta naiknya luapan air sungai di Pekon Sukaraja disebabkan tanggul penahan sungai sudah jebol saat hujan deras yang berlangsung hingga beberapa hari belakangan ini.

Atas musibah tersebut, anggota Senkom Mitra Polri yang berada di Tanggamus, berusaha membantu meringankan penderitaan warga yang menjadi korban banjir.

Akibat situasi kamtibmas dan kondisi alam yang kurang bersahabat tersebut Ketua Umum Senkom Mitra Polri, Katno Hadi mengajak seluruh anggota Senkom yang berada di tanah air untuk bisa berperan aktif membantu meredam, menciptakan kondisi masyarakat agar tetap tenang, damai dan penuh harapan sehingga akan datang pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Jadilah warga masyarakat yang bisa meredam kekisruhan, jadilah penenang jiwa warga masyarakat yang sedang terkena musibah, sehingga kehidupan di lingkungan sekitar bisa tercipta kamtibmas, dapat hidup rukun dan saling gotong royong,” tegas Ketua Umum Senkom Mitra Polri tersebut kepada media, Kamis (15/10/2020).

Kondisi banjir yang melanda saat ini membuat warga masyarakat Pekon Sukaraja dan warga Pekon Way Kerap bersiap siap untuk mengungsi ketempat yang lebih tinggi.

“Untuk saat ini situasi masih hujan deras dan listrik padam, tindakan Senkom Mitra Polri wilayah setempat yang membantu evakuasi warga bersama Koramil setempat diapresiasi oleh warga,” tambah Ehwan selaku anggota Senkom Tanggamus.

Berdasar informasi terakhir, hingga saat ini belum ada laporan korban akibat banjir air sungai yang meluap serta jebolnya tanggul. Warga sekitar bantaran sungai ada yang masih bertahan di kediaman masing-masing meski banjir sudah masuk kerumah warga yang berada di bantaran. Meski demikian, pemerintah yang diwakili BPBD setempat meminta agar warga yang belum mengungsi tetap waspada. (ris)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan