Usai Sholat Dhuha, Joni Curi Uang di Kotak Infaq

0
pencurian-kotak-infaq-solo
DIAMANKAN- Pedagang keliling, Joni alias Ashari (61) yang kepergok mencuri uang di kotak infaq diamankan petugas di Polsek Banjarsari, Jumat (16/10) siang, (sms.com/Sri Hartanto

SOLO, sms.com- Ada-ada saja modus untuk mencuri. Berpura-pura shalat dhuha, Joni alias Ashari (61) nekat mencuri uang di kotak infaq di Masjid Nurul Falah, Kompleks Pasar Legi, Banjarsari, Solo.

Namun aksi pencurian yang terjadi pada Jumat (16/10) pagi itu, diketahui takmir masjid.

Tersangka yang tinggal di Semarang itu tidak bisa lagi mengelak saat akan membawa kabur uang Rp 4 juta lebih yang diambil dari kotak infaq.

Tersangka dapat mengambil uang didalam kotak infaq dengan cara mencongkel kunci gembok menggunakan obeng.

“Saya mengambil uang.dalam kotak infaq karena tergoda untuk memiliki, kebetulan saya pas tidak punya uang dan barang dagangan berupa asongan yang saya jual dengan cara berkeliling juga sudah habis,” kata Joni saat berada di Polsek Banjarsari, Jumat (16/10) siang.

Pencurian uang dalam kotak infaq tersebut dibenarkan Kapolsek Banjarsari, AKP Muhammad Rikha Zulkarnain.

Kapolsek mewakili Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menambahkan, tersangka sengaja mencuri karena sudah menyiapkan obeng untuk mencongkel kunci gembok.

Aksi pencurian yang dilakukan Joni dan dipergoki takmir masjid itu sempat membuat warga emosi. Namun petugas yang mengetahui kejadian tersebut kemudian datang ke lokasi lalu mengamankan tersangka berikut menyita barang bukti (BB).

“Saat petugas tiba di tempat kejadian, situasi sangat ramai, sebelum dihakimi massa, tersangka kami bawa ke Polsek untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” tandas Rikha, Jumat kemarin.

Dalam perkara ini, lanjut Kapolsek, tersangka yang bekerja sebagai penjual barang asongan keliling diproses lebih lanjut dan dijerat dengan Pasal 363 jo 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. (ris)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan