Jalan Merah-Putih Hubungkan Manyaran-Selogiri

0
tmmd-wonogiri-oktober-2020
JALAN TEMBUS : Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa didampingi Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi dan Forkopimda Wonogiri mengecek jalan tembus Manyaran-Selogiri di Dusun Gembuk, Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Rabu (21/10/2020). (sms.com/ky)

WONOGIRI,sms.com – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III tahun 2020 di Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri resmi ditutup, Rabu (21/10/2020). Salah satu sasaran kegiatan TMMD itu adalah membangun akses jalan tembus dari Desa Bero, Kecamatan Manyaran sampai Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri.

Kegiatan TMMD tersebut merampungkan penyiapan badan jalan sepanjang 115 meter, membangun rabat beton sepanjang 450 meter, dan sebuah gorong-gorong sepanjang empat meter. Jika jalan tembus Manyaran-Selogiri yang dinamai jalan “Merah-Putih” itu selesai dibangun, waktu tempuhnya bisa dipersingkat hingga 45 menit.

Kepala Desa Bero, Roh Edy Wibowo mengatakan, jalan tersebut statusnya masih jalan desa. Dia berharap tahun 2021 mendatang telah berubah status menjadi jalan kabupaten, sehingga pembangunan jalan rabat beton bisa dilanjutkan melalui APBD Kabupaten Wonogiri.

Selama ini, warga Manyaran yang hendak ke Selogiri harus melalui jalan memutar lewat Kecamatan Wuryantoro dan Wonogiri dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Namun jika jalan tembus Manyaran-Selogiri terhubung sempurna, waktu tempuhnya hanya 15 menit. Oleh karenanya, dia berterima kasih dengan adanya TMMD, pembangunan jalan tembus dapat terwujud.

Penutupan TMMD Sengkuyug tahap III tahun 2020 itu dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Wonogiri Edy Santosa didampingi Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Wonogiri.

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dan anggotanya yang telah bekerja sama dalam membangun jalan tersebut. “Semoga jalan ini dapat memperlancar koordinasi, hubungan yang baik antarwilayah, menjaga persatuan, dan menjadikan Wonogiri aman, tenteram, dan makmur,” harapnya.

Dia mengungkapkan, pekerjaan jalan tersebut selesai sesuai target, bahkan rampung sejak sepekan yang lalu. “Mudah-mudahan bisa dilanjutkan melalui program pemerintah lewat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) karena jaraknya lumayan jauh,” imbuhnya.

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa mengatakan, jalan itu dapat mempercepat transportasi dari Manyaran ke Selogiri. Hal itu menjadi salah satu upaya membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik dan penanggulangan kemiskinan di pedesaan. (ky)

Editor : Ristanto

Tinggalkan Pesan