Maju Cawabup dari Partai Lain, DPP PDI Perjuangan Resmi Pecat Harjanta Sebagai Kader Partai

0
harjanta-dipecat

KLATEN,sms,com – DPP PDI Perjuangan resmi mengeluarkan surat pemecatan Drs Harjanta SE MPd sebagai kader partai. Harjanto dinilai melanggar disiplin partai dan tidak menaati rekomendasi DPP PDI Perjuangan dengan maju mencalonkan diri sebagai wakil bupati pada Pilkada Klaten 2020 dari partai lain.

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Klaten Agus Wibowo pada jumpa pers yang digelar di kantor DPC PDIP Jalan Ronggowarsito, Klaten Utara, Rabu (21/10/2020) sore. Acara dihadiri seluruh anggota Bapilu, pengurus DPC dan perwakilan PAC.

”Kami menerima surat dari DPP PDI Perjuangan tertanggal 20 Oktober 2020 tentang pemecatan saudara Harjanta sebagai kader partai. Dia dinilai melakukan tindakan melanggar kode etik dan disiplin partai dengan maju sebagai calon wakil bupati yang diusung partai lain, padah DPP merekomendasikan pasangan calon Sri Mulyani-Yoga Hardaya untuk maju Pilkada Klaten 2020,” kata Agus Wibowo.

Dia menunjukkan Surat Keputusan DPP PDIP bernomor 71/KPTS/DPP/X/2020 tentang pecatan Harjanta dari keanggotaan partai karena dianggap tidak mengindahkan instruksi DPP untuk memgamankan rekomendasi pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2020. Surat ditandatangi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputeri dan  Sekjen Harto Kristiyanto.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa selain pemecatan, Harjanta juga dilarang menduduki jabatan apapun dengan mengatasnamakan PDIP. DPP PDIP menyatakan siap pertanggungjawabkan sanksi pemecatan itu pada Kongres partai. Namun demikian, bila ke depan ada kekeliruan maka akan ditinjau kembali SK DPP tersebut berlaku sejak ditetapkan.

”SK pemecatan ini dari DPP langsung dan diterbitkan Selasa 20 Oktober 2020. Acara hari ini, dihadiri BP Pemilu DPC PDI Perjuangan, Pengurus DPC dan Ketua PAC Klaten Utara Suroyo dimana Pak Harjanta tinggal. Jadi kami hanya membacakan SK DPP PDI Perjuangan saja,” ujar Wakil Ketua Bidang Program DPC PDI Perjuangan Klaten, Arif Nugroho.

Sementara itu, hingga jumpa pers digelar, DPC PDI Perjuangan belum mengirimkan surat pemberitahuan kepada Harjanto. Pada Pilkada 2020, Harjanta maju sebagai calon wakil hupati bersama calon bupati Arif Budiyono yang diusung PKB, PAN, PPP dan Nasdem, serta didukung beberapa partai non parlemen.

Harjanto yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PDIP masa bakti 2015-2020 mengaku belum mendapatkan surat tentang pemecatannya sebagai anggota partai berlambang banteng moncong putih.

”Sampai saat ini, saya belum menerima pemberitahuan tantang pemecatan saya sebagai anggota partai. Pemecatan ini sudah risiko saya. Nanti saja kalau saya sudah mendapatkan pemberitahuan, saya akan beri keterangan,” kata Harjanta, Rabu (21/10.(mer)

Tinggalkan Pesan