7 Hewan Air yang Memiliki Kemampuan Luar Biasa

0
Haghfish

BERAGAM hewan air, memiliki perilaku misterius yang belum banyak terungkap. Maklum saja, Bumi ini berisi lebih banyak wilayah perairan daripada daratan. Sehingga, masih banyak yang belum bisa terjangkau oleh pengetahuan.

Seperti hewan air dengan kemampuan yang mengagumkan berikut ini.

Haghfish – Kemampuan Bertahan Hidup yang Luar Biasa

Hewan yang hidup di air berbentuk belut tanpa rahang ini, tinggal di perairan laut dingin di seluruh dunia. Mereka biasanya hidup pada kedalaman 5500 kaki.

Kemampuannya dalam menghasilkan lendir inilah yang membuat hagfish begitu istimewa dari ikan lainnya. Ketika predator seperti belut besar mendekat, hagfish mengeluarkan lendir dari ratusan kelenjar. Lendir ini adalah zat lengket yang membantu menghalangi mulut dan insang pemangsa.

Dengan menggunakan lendir, hagfishes dapat menghalau predator yang bahkan ratusan kali lebih besar dari ukurannya. Predator tidak bisa dengan mudah mengeluarkan lendir yang mengganggu dari mulutnya.

Hagfishes juga memiliki kemampuan untuk mengonsumsi makanan melalui kulitnya. Mereka juga bisa hidup hingga 3 bulan tanpa makanan. Kemampuan bertahan hidup yang mengagumkan!

Ikan Layaran – Hewan Air Tercepat di Lautan

Hewan air yang memiliki kemampuan mengagumkan selanjutnya, yaitu ikan layaran. Ikan ini hidup hampir di seluruh lautan.

Ia memiliki tubuh yang panjang seperti hiu, dengan panjang bisa mencapai 3 meter lebih dan memiliki layar yang terbentang sepanjang punggungnya.

Ikan-Layaran

Dengan kecepatan maksimum lebih dari 100 km per jam, menjadikan ikan layar sebagai salah satu ikan tercepat di dunia. Tubuh panjang mereka menjadikan ikan ini dapat bergerak dengan sangat cepat.

Kecepatan luar biasa ini juga membantu ikan layar untuk lolos dari predator seperti gurita, maupun memburu mangsanya.

Platipus – Pencari Mangsa Paling Akurat

Next, Platipus adalah hewan semi-akuatik atau hewan yang hidup di air dan di darat. Mereka meninggali wilayah Australia Timur.

Secara fisik, platipus memiliki paruh seperti bebek dan dapat tumbuh hingga ukuran 50 cm.

Yang membuatnya mengagumkan, adalah kemampuannya dalam mencari lokasi mangsa. Hewan air ini memiliki 40.000 reseptor elektro dan lebih dari 60.000 reseptor mekanik. Sehingga dapat merasakan perubahan tekanan mangsanya pada kedalaman laut.

Ikan-Layaran

Hewan yang hidup di air ini dapat dengan mudah menentukan lokasi mangsanya dengan akurat. Anehnya, mereka tidak pernah menggunakan mata atau telinga saat mencari makanan karena memiliki paruh yang sangat sensitif.

Sang jantan juga memiliki senjata rahasia untuk melawan predator, yaitu taji pada bagian kaki belakang. Taji ini sebenarnya terhubung ke kelenjar yang bisa menghasilkan racun.

Belut Listrik – Kemampuan Menyengat Listrik Tegangan Tinggi

Seperti namanya, belut ini memiliki kemampuan untuk mengejutkan lawan dengan mengeluarkan tegangan listrik yang cukup tinggi.

Saat terancam, belut listrik dapat menghasilkan 600 volt energi listrik dari tubuhnya. Tegangan setinggi ini dapat membuat orang dewasa pingsan, apalagi hewan.

Belut-Listrik

Pelepasan listrik ini atas kontribusi sel elektrolit dalam tubuhnya.

Beruntungnya, di Indonesia kita tak akan menemukan hewan air ini di alam liar. Karena, mereka hanya mendiami wilayah Amerika Selatan, terutama perairan Amazon.

Ubur-ubur Kotak – Hewan Air Paling Beracun

Selanjutnya, ubur-ubur Kotak merupakan hewan air paling beracun di dunia. Mereka mendiami kawasan Indo-Pasifik dan Australia Utara. Beberapa pantai Australia juga memberi tanda larangan berenang jika terdapat ubur-ubur ini.

Yang membuatnya begitu beracun, karena tentakelnya menampung lebih dari 5.000 sel penyengat. Racunnya dapat secara tiba-tiba menghentikan fungsi jantung dan bisa menyebabkan kematian dalam beberapa menit.

Ubur-ubur-kotak

Jika ada yang selamat dari sengatan ubur-ubur kotak, mereka akan mengalami rasa sakit selama berminggu-minggu. Faktanya, lebih dari 100 orang meninggal setiap tahun akibat serangan ubur-ubur kotak.

Sebenarnya, racun dalam tubuh ubur-ubur berguna untuk menangkap mangsa, seperti udang dan spesies ikan lainnya. Tapi jika merasa terancam, ubur-ubur tak akan segan-segan menyengat siapapun yang mendekat.

Ubur-ubur kotak memiliki panjang hingga 3 meter dan memiliki tubuh transparan yang membantu bersembunyi dari hewan air lainnya.

Mau lihat hewan air berbahaya lainnya, simak: Ikan Paling Berbahaya di Dunia.

Teripang – Kemampuan Penyembuhan

Siapa sangka hewan air kecil ini memiliki kemampuan yang istimewa. Kemampuan tersebut tak lain ialah dapat meregenerasi tubuhnya sendiri dan menyembuhkan kanker.

Senyawa kimia frondosida dari tubuh teripang dapat secara efektif membunuh sel kanker. Hal ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk kulit, pankreas, hati dan kanker payudara. Mereka juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Teripang

Teripang banyak ditemukan di laut dalam perairan Asia Pasifik.

Ikan Salmon – Kemampuan Navigasi Menakjubkan

Sebagian besar ikan salmon lahir di air tawar dan bermigrasi ke air laut. Mereka kembali ke tempat kelahiran yang sama untuk reproduksi. Ikan ini bisa menempuh jarak 3200 km untuk kembali ke lautan.

Yang membuat ikan salmon istimewa adalah kemampuannya dalam navigasi arah yang begitu mengagumkan. Mereka menggunakan medan magnet bumi untuk menemukan tempat yang sama ketika mereka lahir.

Ikan-Salmon

Otak mereka memiliki kekuatan untuk mencocokkan medan magnet dari berbagai area yang membantu mereka menemukan tujuan yang tepat.

Itulah beberapa hewan air dengan kemampuan supernya yang mengagumkan. Masih banyak hewan yang hidup di air dengan kemampuan spesial yang belum terjangkau ilmu pengetahuan. (ivan)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan