UMS Gelar Upacara Hari Jadi ke-62 di Gedung Edutorium Megah yang Baru Selesai Dibangun

0
hari-jadi-ums-ke-62
FOTO/DOK

SOLO,sms.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melaksanakan Sidang Terbuka Senat dalam rangka HariJadi ke-62. Untuk pertama kali, agenda rutin tahunan itu dilaksanakan di Gedung Edutorium UMS, pada hari Sabtu (24/10/2020) dengan tema ‘Tetap Berprestasi di Era Pandemi’.

Rektor menyampaikan laporan tahunannya sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja dan perkembangan UMS di bawah kepemimpinannya.

Di tahun 2017-2021 UMS memiliki target penguatan reputasi nasional dan internasional. Pada fase sebelumnya UMS telah berhasil melakukan inovasi pengembangan di antaranya peningkatan intensitas pengiriman Sumber Daya Manusia terutama di universitas luar negeri.

“Sehingga kami targetkan pada tahun 2025 UMS akan melakukan panen SDM yang telah selesai melanjutkan studi di luar negeri. Selama 4 tahun saya memimpin, telah dibuat pondasinya secara kuat,” ujar Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si.

Selain itu berbagai kerja sama luar negeri telah dilakukan oleh UMS seperti contoh UMS bekerjasama dengan Universitas Al-Azhar dalam rangka membuka program studi Bahasa Indonesia dan tarjamah di Universitas Al-Azhar Mesir.

“Kemudian masih banyak lagi kerja sama internasional lainnya, seperti kerja sama dengan Dong-A University Korea Selatan untuk membuka program Twinning terhadap tiga Fakultas,” lanjut Rektor.

Di tengah badai pandemic Covid-19, UMS tetap diminati oleh banyak masyarakat, hal ini terbukti dari jumlah pendaftar mahasiswa baru. Kurang lebih sebanyak 20.915 calon mahasiswa yang mendatar di kampus terakreditasi A itu.

“Ini laporan terakhir saya untuk masa jabatan rektor periode pertama ini yakni tahun 2017-2021. Pada masa kepemimpinan ini, saya dan para pimpinan membuat dokumen program jangka panjang, menengah dan pendek UMS, sehingga siapa pun nanti rektornya, bisa menjadikan dokumen ini sebagai acuan dalam memajukan UMS,” katanya.

Kegiatan upacara Harijadi ini dihadiri sekitar 250 tamu undangan yang hadir langsung di Gedung Edutorium. Mereka sebagian besar adalah pejabat di lingkungan Kampus UMS dan sebagian berasal dari tamu undangan dari luar.

UMS tidak banyak mengundang tamu dari luar seperti pelaksanaan upacara Harijadi pada tahun-tahun sebelumnya mengingat situasi dan kondisi yang berada di tengah pandemi.

Selain dihadiri secara langsung, pelaksanaan upacara Harijadi ke-62 ini juga diikuti sekitar 1.500 peserta yang mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom dan YouTube streaming.

Kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan di mana tempat duduk satu dengan yang lain diberikan jarak sekitar 2 meter. Kemudian wajib menggunakan masker dan cuci tangan serta cek suhu badan sebelum memasuki Gedung Edutorium.

Pada kegiatan ini juga disampaikan amanat dari Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammdiyah, Prof Haedar Nashir secara virtual. Pada kesempatan ini juga diberikan sejumlah penghargaan kepada dosen dan karyawan berprestasi.

Semarak Harijadi ke-62 UMS ini dilanjutkan dengan Pagelaran Wayang Kulit Climen secara Online yang menampilkan dalangi Ki Seno Nugroho pada Sabtu (24/10/2020) malam. (rls)

Editor : Ristanto

Tinggalkan Pesan