578 Personel Gabungan Disiapkan Di Tujuh Titik Amankan Libur Panjang

0
libur-panjang-karanganyar
Sebanyak 578 personel disiapkan dalam rangka pengaman libur panjang di Karanganyar. (sms.com/jdh)

KARANGANYAR,sms.com – Sebanyak 578 personel gabungan disiapkan Polres Karanganyar untuk jaga di tujuh titik tempat wisata termasuk empat exit tol di Kartasura, Klodran, Gondangrejo dan Kebakkramat. Mereka ditugasi untuk mengatur lalu lintas dan pengamanan selama libur panjang ini.

‘’Titik fokusnya tetap agar warga menjaga protokol kesehatan, agar wabah Covid-19 ini tidak bertambah banyak di Karanganyar. Jadi sejak awal warga perlu diingatkan agar berhati-hati selama menikmati liburan panjang,’’ kata Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi saat apel pasukan itu di lapangan Mapolres, Senin (26/10/2020).

Pasukan itu dari polisi, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Senkom dan lainnya. Mereka mulai bergerak di lokasi hari ini, termasuk yang di terminal yang sudah dilakukan pemeriksaan mulai Sabtu lalu. Sebab pemudik mulai berdatangan pada jauh hari sebelum liburan.

Sedangkan di perkampungan, tim RT dan RW sera jogo tonggo sudah mulai mengamati warga pendatang yang tiba di kampung tersebut, datang dari mana, termasuk zona merah atau tidak, membawa hasil rapid atau tidak, semua didata.

‘’Pokoknya yang utama agar semua saja diingatkan agar melindungi diri sebab wabah ini tidak bisa dipandang sepele sehingga harus tetap waspada dari kemungkinan terburuk, dan libur anjang ini tidak menjadi mala petaka bagi masyarakat,’’ kata dia.

Tentang perayaan maulid di kampung-kampung, Kapolres menyatakan tidak melarang asal panitia tetap memberlakukan protokol kesehatan. Jika perlu kapasitas masjid yang menjadi berkurang bisa ditambah kajang untuk menampung jamaah.

‘’Kegiatan maulid tetap diijinkan tetapi jangan melanggar protokol kesehatan, lakukan social distancing, siapkan tempat cuci tangan, dan tambah kajang jika memang jamaahnya banyak,’’ kata Kapolres.

Sedangkan Kasatlantas AKP Maulana Ozar menambahkan, operasi pasukan pengaman libur panjang ini berbarengan dengan pasukan untuk pelaksanaan operasi zebra selama seminggu ini. Kalau operasi zebra penekanannya pada laka lantas, operasi pengemudi yang melanggar rambu serta yang belum cukup usia.

Termasuk juga knalpot bronk yang sudah menjadi ciri khas Karanganyar, dan tidak pernah habis dan tidak prnah jera warga masyarakat yang mengemudikan kendaraan dengan suara memekakkan telinga dan mengganggu masyarakat itu.

Ozar mengatakan, sekalian pengaturan lalu lintas di tempat wisata untuk warga yang mudik dan berwisata memanfaatkan libur panjang , juga dilaksanakan operasi zebra sehingga keamanan masyarakat terjaga.

‘’Fokusnya di Tawangmangu dan Ngargoyoso yang bisa dipastikan mengalami peningkatan. Malah Polda sudah menghitung pertambahan arus mencapai 40 persen yang masuk di Jateng dan Karanganyar termasuk tinggi karena memiliki obyek wisata, sehingga harus diantisipasi agar tetap nyaman dan aman.(jdh)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan