Universitas Setia Budi Wisuda 650 Lulusan Secara Daring

0
wisuda-daring-usb
FOTO DIRI : Wakil Rektor I Bidang Akademik USB Dr Peni Pujiastuti.

SOLO,sms.com – Universitas Setia Budi (USB) Surakarta pagi ini menggelar wisuda tahun 2020 secara daring yang diikuti sebanyak 650 wisudawan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik USB Dr Peni Pujiastuti mengemukakan jika jumlah tersebut berasal dari jenjang Pascasarjana, Sarjana dan Diploma.

“Kami memutuskan untuk menggelar wisuda secara daring mengingat pandemi Covid 19 masih berbahaya. Kami ingin mengantisipasi potensi penularan sehingga wisuda digelar secara daring kendati jumlahnya cukup besar. Pagi ini sebanyak 650 wisudawan yang dikukuhkan oleh Rektor dan pemindahan kucir toga dilakukan oleh orangtua di rumah masing masing mewakili Rektor,” papar Peni.

Dikemukakan, 650 wisudawan tersebut terdiri atas 89 lulusan dari jenjang Pascasarjana, 292 dari jenjang Sarjana dan 270 lulusan dari jenjang vokasi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 311 lulusan dinyatakan meraih predikat cumlaude. Jumlah cumlaude terbanyak dari jenjang pendidikan vokasi dengan 178 lulusan yang lulus dengan pujian. Kedua dari jenjang Sarjana dengan jumlah 114 lulusan dan Pascasarjana dengan 24 orang.

“Perlu kami sampaikan, bahwa hingga tahun akademik 2020/2021, USB telah meluluskan sebanyak 17.603 lulusan,” papar Peni.

Dikemukakan, daya serap lulusan USB sangat bagus.Peni juga mengemukakan lulusan USB juga telah dilengkapi dengan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) berupa sertifikat uji kompetensi, khususnya untuk tenaga kesehatan.

Para lulusan ini sebagian besar telah bekerja di berbagai instansi pemerintah/swasta sesuai kompetensinya seperti rumah sakit, laboratorium klinik,industri obat, industri makanan dan minuman, apotek, dan lain-lain.

Peni juga mengemukakan, ada empat wisudawan yang ditetapkan sebagai wisudawan terbaik yakni Aris Rwung Sumule dari Pascasarjana dengan IPK 3,91 dan Suci Meta Saputri dari jenjang sarjana dengan IPK 3,98.Sementara itu di jalur pendidikan vokasi, Maria Rosari dari jenjang D4 dan Felicia Sandi dari jenjang D3 ditetapkan sebagai wisudawan terbaik.

Peni mengemukakan, teknis wisuda secara daring sudah dikoordinasikan dan disosialisasikan tatacara pelaksanaannya pada seluruh wisudawan. Lulusan terlebih dahulu diminta untuk menginstal aplikasi zoom dan mencari lokasi yang sinyal internetnya stabil untuk mengikuti wisuda daring.

“Setelah sambutan Rektor dan laporan wisuda, akan dilaksanakan prosesi wisuda dan dilanjutkan dengan pemindahan kucir toga yang dilakukan orangtua mewakili rektor,” paparnya. (ek)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan