SMP 1 Sawit Boyolali Bakal Dipindah

0
smp-sawit-boyolali
SUHU TUBUH: Seorang guru diperiksa suhu tubuhnya dengan thermogun sebelum masuk ke lingkungan SMPN 1 Sawit Boyolali. (sms.com/jm)

BOYOLALI,sms.com – SMP 1 Sait bakal segera dipindahkan. Hal itu sebagai upaya pemerataan pendidikan, sesuai ketentuan zonasi oleh Kemendikbud.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Darmanto, sistem zonasi memungkinkan setiap anak mendapatkan sekolah yang dekat tempat tinggalnya. Sehingga tidak terhalang oleh jarak rumah ke sekolah.

“Untuk tingkat SMP juga kami petakan,” katanya.

Berdasarkan hasil pemetaan, maka satu SMP akan dipindahkan dan bakal dibangun dua SMP lagi. Adapun yang dipindahkan adalah SMP 1 Sawit yang berada di Desa Kateguhan dan akan dipindah ke wilayah Desa Tlawong.

“Hal ini mengingat tiga SMP di Sawit yaitu, SMP 1, SMP 2 dan SMP 3 semunya berada di sisi timur wilayah Kecamatan Sawit.”

Dari kondisi tersebut, maka masyarakat yang berada di wilayah Sawit sisi barat merasa kurang terlayani. Pasalnya, para calon siswa agak kesulitan jika mau melanjutkan sekolah ke tingkat SMP.

“Untuk itulah, maka pemindahan dirasakan mendesak.”

Bahkan, rencana tersebut sudah masuk dalam pembahasan DPRD. Dimana pembangunannya akan dilakukan secara multiyears. Tahun pertama pada tahun 2021 dengan membangun tujuh kelas. Hanya saja, dana tidak termasuk untuk pengadaan tanah. Nantinya, pemindahan sekolah pun dilakukan bertahap.

Selain itu, pihaknya juga berencana membangun satu SMP baru di wilayah Kecamatan Boyolali Kota. Bangunan baru direncanakan di Desa Penggung sehingga turut mempermudah para siswa yang tinggal di wilayah Kecamatan Ampel sisi selatan.

“Dengan SMP baru tersebut, maka di Boyolali Kota bakal ada tujuh SMP negeri. Diharapkan, nantinya para siswa bisa melanjutkan sekolah dengan baik.”

Disinggung tentang usulan pembangunan SMP baru di wilayah Kecamatan Tamansari, dia mengaku sudah dilakukan kajian- kajian. (jm)

Editor : Ristanto

Tinggalkan Pesan