Uji Swab Terbuka di Desa Penggung Boyolali Kota, Agar Warga Tak Takut

0
5kswab swab-desa-penggung-boyolali-g10
UJI SWAB: Seorang warga mengikuti uji swab di Balai Desa Penggung, Kecamatan Boyolali Kota. (sms.com/jm)

BOYOLALI,sms.com – Sebanyak 117 warga Desa Penggung, Kecamatan Boyolali Kota menjalani uji swab di balai desa setempat, Kamis (5/11/2820). Uji swab dilakukan untuk mengetahui apakah mereka terkena Covid-19.

Menurut Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Survivalina melalui Kasi Surveliance dan Imunisasi, Teguh Tri Kuncoro, ke-117 tersebut sebagian besar merupakan kontak erat pasien Covid-19 berinisial Syt.

“Selain itu kami juga melakukan skrening terhadap sejumlah tokoh masyarakat,” katanya disela- sela kegiatan uji swab.

Kegiatan uji swab, lanjut dia, sekaligus untuk memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa uji swab tidak sakit. Bahkan, sebenarnya bisa dilakukan secara cepat. Masyarakat bisa mengetahui langsung kegiatan tersebut.

Pihaknya juga kembali mengingatkan masyarakat untuk turut aktif mengantisipasi penyebaran Covid-19. Yaitu dengan melakukan gerakan 3M. Yaitu, memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Sementera itu, Satgas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan monitoring ke daerah. Kegiatan dimaksudkan untuk melihat secara langsung penanganan Covid-19. Seperti dilakukan di Boyolali, Rabu (4/11).

“Kami kunjungi supaya saya bisa melihat langsung fakta yang ada di lapangan di daerah, di kabupaten/kota tentang keberhasilan atau kendala yang dihadapi oleh pemerintah kabupaten/kota,” ungkap Liaison Officer (LO) Covid-19 wilayah Jawa Tengah, Oneng Subroto. (jm)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan