Tujuh Orang Positif Covid-19, Ratusan Pedagang Pasar Sidoharjo Jalani Tes Swab

0
swab-pedagang-pasar-sidoharjo
TES SWAB : Seorang pedagang Pasar Sidoharjo menjalani tes Swab di kantor Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Senin (sms.com/ky)

WONOGIRI,sms.com – Ratusan pedagang Pasar Sidoharjo menjalani tes Swab di kantor Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Senin (9/11/2020). Hal itu dilakukan karena sebelumnya ada tujuh pedagang pasar tersebut yang positif terinfeksi penyakit virus corona (Covid-19). Adapun Pasar Sidoharjo mulai ditutup hingga Kamis mendatang (12/11/2020).

Camat Sidoharjo Sarosa mengatakan, penutupan dimulai dengan sosialisasi pada Minggu (8/11/2020). Selanjutnya dilakukan tes Swab terhadap seluruh pedagang di kantor Kecamatan Sidoharjo, Senin (9/11/2020).

“Hari ini juga, para pedagang mengemasi barang-barang dagangannya yang bisa dibawa pulang. Selanjutnya diadakan penyemprotan desinfektan di pasar,” katanya.

Adapun penutupan pasar dilakukan mulai Selasa-Kamis (10-12/11/2020). Pasar baru akan dibuka kembali pada Jumat (13/11/2020).

“Semua mendukung karena menyadari untuk pemutusan mata rantai Covid-19. Semua juga mengikuti protokol kesehatan,” katanya.

Sesuai keputusan bersama, penutupan dilakukan di pasar umum Sidoharjo, Terminal Sidoharjo, pasar hewan, pasar kayu dan pasar kambing. Sedangkan pertokoan di sekitarnya diminta menyesuaikan.

“Kalau toko-toko mau tutup, malah lebih bagus. Tapi kalau buka harus benar-benar menjalankan protokol kesehatan, harus menyiapkan thermo gun, alat cuci tangan, dan masker untuk pengunjung yang tidak membawa masker,” imbuhnya.

Dia menambahkan, para pedagang juga mengharapkan agar para pedagang dari luar Kecamatan Sidoharjo juga dicegah masuk ke pasar tersebut. Pasalnya ada juga pedagang yang datang dari Kabupaten Magetan dan Kabupaten Karanganyar. Hal itu untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Kepala UPTD Puskesmas Sidoharjo dokter Rukmi Budi mengatakan, hingga Senin siang sudah lebih dari 100 pedagang yang mengikuti tes Swab.

“Sampai jam 10.00 tadi sudah lebih dari seratus orang. Jumlah keseluruhan pedagang diperkirakan 500 orang,” katanya.

Hasil tes Swab tersebut kemungkinan akan bisa diketahui dalam waktu dua atau tiga hari mendatang. “Sampai hasilnya selesai, para pedagang harus isolasi mandiri terlebih dahulu,” katanya.

Jika ada pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19, mereka akan dihubungi melalui telepon. Pedagang tersebut kemudian harus melanjutkan isolasi mandiri. (ky)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan