Kades dan Perangkat Positif, Tiga Kantor Desa Ditutup

0
ilustrasi-corona
FOTO ILUSTRASI

SUKOHARJO,sms.com – Tiga Kantor Desa di Kecamatan Grogol dan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, ditutup menyusul adanya konfirmasi positif Covid-19.

Desa tersebut adalah Desa Langenharjo, dimana kepala desa terpapar dan salah satu perangkat Desa Kwarasan juga dinyatakan positif. Atas kasus tersebut pelayanan masyarakat di dua desa tersebut ditutup hingga hasil tes swab kontak erat keluar.

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno menyampaikan, sebanyak 29 orang kontak erat kasus positif di tes swab oleh petugas kesehatan.

“Pelayanan masyarakat untuk sementara dilakukan dari rumah tiap-tiap perangkat desa. Selain perangkat desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang diketahui kontak dengan kasus juga dilakukan tes swab,” jelas Bagas.

Dijelaskan, Kantor Desa akan dibuka saat hasil tes muncul dan penularan terlacak. Sesuai tata laksana protokol kesehatan, kata Bagas, dua kantor desa yang ditemukan kasus dilakukan disinfeksi. Sedang untuk pelacakan dilakukan petugas kesehatan dari Puskesmas.

“Penutupan layanan ini menjadi langkah cepat satgas Covid-19 meminimalkan penyebaran pada masyarakat. Kalau sudah diketahi siapa saja yang terpapar akan lebih mudah mengambil tindakan.”

Pihaknya berharap masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan. Yaitu menggunakan masker, membiasakan sering cuci tangan memakai sabun, serta menghindari kerumunan. Pencegahan penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan dengan menjaga kesadaran dan kedisiplinan diri mematuhi protokoler kesehatan.

Desa Godok

Selain dua desa di Kecamatan Grogol, penutupan kantor desa juga dilakukan pada Desa Godok,Kecamatan Polokarto. Hal itu dilakukan karena salah satu perangkat desanya juga terkonfirmasi positif Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menyebutkan telah melakukan tracing kontak erat dari kasus di Godok.

“Sebanyak 20 orang di tes swab. Kantor ditutup hingga sekitar satu minggu ke depan,” jelas Yunia. (hs)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan