Karakter Kepahlawanan Slamet Riyadi Cocok Ditetapkan Di Kampus Merdeka

0
webinar-mku-unisri
FOTO/DOK

SOLO,sms.com – Ada sembilan karakter pahlawan nasional Slamet Riyadi yang menjadi roh pembelajaran dan dikembangkan dalam mata kuliah umum bagi mahasiswa di tiap program studi Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Sembilan karakter itu adalah berani dan tegas, cermat, disiplin, jujur, kerja sama, mementingkan kepentingan lebih luas, percaya diri, semangat pantang menyerah, rela berkorban dan tanpa pamrih.

“Sembilan karakter ini saya kira masih relevan dalam proyek kemanusiaan dan pembangunan karakter yang dicanangkan pemerintah dan di kampus merdeka,” kata dosen PPKn FKIP Unisri Dr Anita Trisiana.

Itu dikatakan saat menjadi pembicara dalam webinar “Penguatan Karakter Melalui Implementasi Nilai-nilai Pancasila dan Keslametriyadian di kampus setempat. Seminar online yang dimoderatori Kaprodi PPKn Siti Supeni itu juga menghadirkan Kepala Laboratorium Filsafat Nusantara Universitas Gajah Mada Yogyakarta Dr Heri Santosa.

Koordinator mata kuliah umum, Oktiani Handini, sekaligus ketua panitia seminar online mengatakan, webinar bertujuan untuk memasukan etos kepahlawanan, terutama bagi mahasiswa baru yang wajib ikut dalam webinar itu.

“Nilai kepahlawanan Slamet Riyadi kita angkat dalam webinar ini agar memberi pemahaman bagi mahasiswa baru tentang karakter kepahlawanan Slamet Riyadi,” kata dia. (#)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan