Merapi Siaga : Warga Lereng Merapi Malam Hari Mengungsi, Pagi Pulang

0
antisipasi-merapi-meletus
UJI EMISI: Petugas melakukan uji emisi mobil ambulan milik Binkes Boyolali. (sms.com/jm)

BOYOLALI,sms.com – Kondisi Gunung Merapi yang dalam status siaga membuat takut warga di kawasan lerengnya. Bahkan, warga usia rentan pun diungsikan terlebih dahulu ke tempat penampungan pengungsian sementara (TPPS).

Seperti di Desa Klakah, Kecamatan Selo. Pemerintah desa setempat bersama relawan dan tim BPBD Boyolali telah menyiapkan TPPS di gedung pertemuan. Puluhan warga usia rentan pun sudah diungsikan ke sana.

Namun demikian, tidak setiap hari para pengungsi tinggal di TPPS. Sebagian pengungsi, utamanya para remaja dan orang tua yang sehat hanya berada di TPPS pada malam hari. Pagi hingga sore hari memilih kembali ke rumah.

“Ya, sebagian warga memilih pulang ke rumah pada pagi hari agar tetap bisa bekerja ke ladang serta mencari pakan ternaknya. Sore hari kembali ke TPPS,” ujar Kades Klakah Marwoto, Kamis (12/11/2020).

Baca : Coblosan, Awan Panas Merapi Meluncur Dua Kali

Dijelaskan, pada Rabu (11/11/2020) malam ada 70 warga Dukuh Bakalan turun mengungsi ke TPPS. Hal itu dilakukan karena mereka sebelumnya merasa takut mendengar suara gemuruh dari arah puncak Merapi.

“Ada juga seorang pengungsi yang akan melahirkan, sudah kami bawa ke Puskesmas Selo.”

Antisipasi Bencana

Sementara itu, Dinkes Boyolali menyiapkan seluruh armada mobil ambulan guna mengantisipasi terjadinya bencana erupsi Merapi. Bahkan, sejumlah ambulan sudah disiapkan di kawasan Kecamatan Selo.

“Begitu dibutuhkan, ambulan bisa cepat menuju lokasi. Kami juga sudah menyiapkan sejumlah petugas dibantu jajaran terkait seperti TNI, Polri, BPBD, relawan,” ujar Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Survivalina.

Baca : Fenomena Langka, Gunung Merapi Juga Ditutupi Topi Awan

Pihaknya juga berencana untuk melakukan skrening tes dan tes swab kepada para relawan Satgas Bencana Merapi. Tujuannya, untuk menjamin para relawan sehat dan bebas dari Covid-19. “Tes swab akan kami lakukan di Kantor BPBD Boyolali, Jumat (13/11/2020). (jm) 

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan