PMI Pusat Pastikan Kesiapan Pos Pengungsinan Merapi

0
pmi-cek-merapi
KONDISI MERAPI: Sekjen PMI Pusat Sudirman Said serius mendengarkan penjelasan terkait kondsi Gunung Merapi saat ini. (sms.com/jm)

BOYOLALI,sms.com – Jajaran terkait terus melakukan persiapa menghadapi bahayan erupsi Merapi. Bahkan, Palang Merah Indonesia (PMI) juga turut membantu pemerintah mempersiapkan pos pengungsian bagi warga terdampak.

Pantauan langsung dilakukan Sekjen PMI Pusat Sudirman Said ke Posko PMI di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Selasa (17/11). Menurut Sudirman, beberapa kabupaten berpotensi terdampak erupsi Merapi.

Yakni Kabupaten Boyolali, Klaten, Magelang, dan Sleman. Untuk menghadapi bencana erupsi ini, PMI telah menyiapkan beberapa pos pengungsian untuk menampung masyarakat terdampak erupsi Merapi rsebut.

“Sesuai mandat PMI, kami menyiapkan layanan kesehatan, layanan kebersihan. Terus tadi menyiapkan Famaly kit, termasuk didalamnya selimut,” katanya disela- sela pantauan.

Diungkapkan, penyiapan pos atau tempat pengungsian tak hanya di wilayah Kabupaten Boyolali. Namun, pos serupa didirikan diseluruh daerah yang berpotensi terdampak Erupsi Merapi. Sehingga pengungsi bisa tetap merasa nyaman.

“Seluruh tempat penampunga para pengungsu telah diberi matras agar para pengungsi aman dan nyaman selama tinggal di pos pengungsian. Tetap sehat dan terhidnar dari cuaca dingin.”

Selain untuk menyelamatkan para pengungsi, pihaknya juga meminta para relawan diminta untuk teap mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan. Hal itu untuk mencegah penularan Covid-19 selama terjadinya bencana alam erupsi Merapi.

Sebagai antisipasi, pihaknya juga menyiagakan satu unit mobil listrik. Mobil bantuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan penerangan di tempat pengungsian yang belum tersambung aliran listrik PLN.

“Sehingga tempat pengungsian tidak gelap pada malam hari. Ini juga bagian dari upaya memberikan kenyamanan bagi para pengungsi.” (jm)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan