Tim P4GN Karanganyar Akan Dirikan Rumah Rehabilitasi Pecandu Narkoba

0
p4gn-karanganyar

KARANGANYAR, sms.com – Tim Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Karanganyar akan mendirikan rumah rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Rencananya, rumah rehabilitasi tersebut sudah terealisasi pada 2021.

Ketua Tim P4GN Karanganyar Rober Christanto mengungkapkan, pendirian rumah rehabilitasi dinilai perlu, untuk membantu proses penyembuhan bagi pecandu narkoba.

“Ada beberapa pecandu, yang ingin sembuh melalui proses rehabilitasi. Ada juga beberapa kasus narkoba, yang direkomendasikan untuk menjalani proses rehabilitasi dalam penanganan kasusnya,” katanya, kemarin.

Selama ini, jika ada kasus narkoba di Karanganyar yang direkomendasikan untuk rehabilitasi, dirujuk ke rumah sakit di Solo yang memiliki fasilitas rehab. Begitupun jika ada pecandu narkoba yang ingin sembuh, disarankan untuk menjalani rehabilitasi ke rumah sakit yang memiliki fasilitas tersebut.

“Ke depan, kami berencana mendirikan rumah rehabilitasi, karena fasilitas ini juga untuk mendukung pemberantasan narkoba di Karanganyar. Rencananya, tahun 2021 sudah direalisasi,” tuturnya.

Tim P4GN Karanganyar, lanjut Rober, beberapa waktu lalu melakukan studi banding ke panti rehabilitasi yang dikelola Yayasan Sekar Mawar di Bandung, untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kebutuhan yang harus dipenuhi dalam pendirian rumah rehabilitasi.

“Kami lakukan studi komparatif, sebagai persiapan mendirikan rumah rehabilitasi. Di tahun pertama, nanti didirikan klinik rehabilitasi dulu, seperti yang dilakukan panti milik Yayasan Sekar Mawar. Baru kemudian bertahap ke fasilitas rawat inap untuk penyembuhan pecandu narkoba,” jelasnya.

Kesiapan sumber daya manusia (SDM) juga diperhitungkan, agar penanganan terhadap pasien pecandu narkoba lebih tepat.

“Dengan adanya fasilitas ini, kami berharap nantinya pecandu narkoba bisa lebih tergugah untuk sadar dari kebiasaan buruknya. Mungkin selama ini, mereka takut untuk lapor. Tidak tahu harus berobat ke mana. Dengan adanya rumah rehabilitasi, mereka bisa lebih mudah mengakses agar bisa sembuh dari kecanduannya,” imbuhnya. (din)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan