Butuh Hasil Cepat, Tes Cepat Antigen Diterapkan di RSUD Karanganyar

0
rapid-test
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR, sms.com – Metode screening Covid-19 di RSUD Karanganyar diubah dari tes usap PCR menjadi tes cepat antigen. Tes dengan antigen memiliki akurasi hingga 90 persen untuk mendeteksi virus Covid-19 dan hasilnya bisa diketahui dalam waktu tiga jam.

Dengan cara ini, diharapkan RSUD bisa mengefektifkan pemakaian bangsal isolasi bagi pasien Covid-19.

Direktur RSUD Karanganyar Iwan Setiawan Adji mengatakan, RSUD memiliki tiga bangsal dengan 72 tempat tidur untuk penanganan Covid-19, yakni di Ruang ICU, HCU dan Ruang Isolasi Mandiri.

Baca : Terminal Tirtondi Solo Sabet Juara Satu Lomba Terminal Sehat Kemenkes

“Pada Senin (16/11/2020), mayoritas sudah terisi. Bahkan ada yang antre masuk. Kebanyakan pasien suspect yang menunggu hasil tes swab PCR keluar. Mereka punya gejala terpapar Covid-19, sehingga butuh perawatan intensif,” jelasnya.

Dikatakannya, ruang isolasi memang seharusnya bagi pasien positif Covid-19. Namun untuk pasien suspect, juga mendapat perlakuan sama, yakni masuk ruang isolasi.

“Ke depan, diupayakan ruang isolasi untuk yang positif saja. Karena itu, hasil screening pasien harus diketahui lebih cepat, sehingga memakai metode tes cepat antigen. Kalau tes usap PCR butuh waktu tiga hari sampai hasilnya keluar, tes antigen hanya butuh tiga jam, Akurasinya sampai 90 persen,” tuturnya.  

aca : PMI Pusat Pastikan Kesiapan Pos Pengungsinan Merapi

Dalam metode ini, spesimen lendir hidung pasien yang digunakan untuk pengecekan. RSUD Karanganyar sudah menyiapkan 200 reagen, untuk keperluan tes cepat antigen.

Dikatakannya, tes cepat antigen sementara ini belum bisa diakses secara mandiri oleh masyarakat. Penerapannya terbatas bagi penanganan pasien Covid-19 dan dikaver pemerintah. (din) 

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan