93 Pedagang Pasar Sidoharjo Wonogiri Positif covid-19

0
covid-19-pasar-sidoharjo
PASAR SIDOHARJO : Situasi di Pasar Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri terlihat lengang, baru-baru ini. (sms.com/ky)

WONOGIRI,sms.com – Sebanyak 93 pedagang Pasar Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri terkonfirmasi positif penyakit virus corona (Covid-19). Hal itu diketahui setelah Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri menggelar tes Swab secara massal terhadap pedagang pasar tersebut, pekan lalu.

Camat Sidoharjo, Sarosa mengungkapkan, temuan itu berawal dari adanya tujuh pedagang Pasar Sidoharjo yang terkonfirmasi positif Covid-19. Selanjutnya, pasar tersebut ditutup tanggal 9-12 November lalu. Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 kemudian menggelar tes Swab secara massal terhadap pedagang.

“Tes Swab dilakukan terhadap 908 pedagang pasar. Hasilnya, 93 orang positif Covid-19,” katanya, Jumat (20/11).

Pelacakan dan penelusuran segera dilakukan terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Dari hasil penelusuran dan pelacakan itu, sekitar 150 orang yang pernah melakukan kontak erat diwajibkan menjalani tes Swab.

“Mereka yang kontak erat langsung di-Swab. Ada yang anggota keluarga, ada yang tetangga. Tapi hasil tes Swab tahap dua ini belum keluar,” ujarnya.

Seluruh warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu tidak menunjukkan gejala gangguan kesehatan atau Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka diminta melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Demikian juga dengan warga yang hasil tes Swab-nya belum keluar harus isolasi mandiri terlebih dahulu.

Pasar Sidoharjo saat ini tidak ditutup kembali. Namun, situasi pasar terlihat sepi dan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat.

Pihaknya mengerahkan petugas pasar, Dinas Perhubungan, personel Polsek, Koramil, dan Kecamatan Sidoharjo untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan.

“Ibu hamil, anak-anak dan orang yang tidak memakai masker dilarang masuk pasar,” terangnya.

Kecamatan tersebut saat ini masuk dalam zona merah. Penyemprotan desinfektan dilakukan secara rutin di pasar. Pihaknya juga menerbitkan surat edaran yang menekankan agar protokol kesehatan dijalankan secara ketat. (ky)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan