Polres Wonogiri Cetak Rekor Fitur Pelayanan Publik Terbanyak

0
rekor-polres-wonogiri
PIAGAM PENGHARGAAN : Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing menerima piagam penghargaan dari Direktur Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) di halaman Polres Wonogiri, Jumat (20/11/2020). (sms.com/ky)

WONOGIRI,sms.comPolres Wonogiri mencetak rekor inovasi pelayanan publik dengan fitur aplikasi terbanyak di Indonesia. Ada 25 fitur pelayanan publik yang dioperasikan dalam aplikasi Pelayanan Cepat Terpadu (Yanpatdu).

Penghargaan terhadap inovasi pelayanan publik dengan fitur aplikasi terbanyak itu diberikan oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Leprid Paulus Pangka kepada Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing di halaman Polres Wonogiri, Jumat (20/11).

Baca : Dua Perwira Polres Wonogiri Menjalani Rotasi

Paulus Pangka mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran selama tiga bulan dengan melakukan riset dan penelusuran melalui internet. Dia mendapati Polres mempunyai fitur pelayanan publik dalam jumlah paling banyak, mencapai 25 fitur di dalam aplikasi Yanpatdu.

“Di tempat lain ada yang punya 12 fitur. Tetapi Wonogiri sudah mencapai 25 fitur. Ini merupakan rekor prestasi yang inspiratif dan membanggakan,” katanya.

Inovasi itu menurutnya luar biasa untuk daerah yang berada jauh dari ibukota Provinsi. “Ini merupakan bentuk kepedulian dalam rangka melayani,” terangnya.

Baca : Personel Polres Wonogiri Bidang Pelayanan Bakalan Jalani Tes Swab

Kapolres mengatakan, penghargaan tersebut berkat kerja keras dan semangat seluruh anggota Polres Wonogiri. “Seluruh anggota berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Wonogiri,” katanya.

Adapun 25 fitur tersebut, yakni Fitur SKCK Perpanjangan, SP2HP Online, Pembayaran Online, SKCK Baru, Lapor Datang Orang Asing, Permohonan Izin Keramaian, Laporan Pengaduan, Permohonan SIM, Pengaduan Propam, Laporan Kehilangan, Daftar Nomor Penting, Daftar Peta Lokasi Penting, dan Fitur Chat.

Selain itu Fitur Daftar Bhabinkamtibmas, Kuesioner Survei, Layanan Deliveri Dokumen, Website Polres Wonogiri, Daftar Pencarian Orang, Lapor Cepat, Pantau Polres Wonogiri, Lokasi Pantau, Laporan Giat, Kunjungan Riwayat, GPS tracker, dan Smart City.

Baca : Polres Wonogiri Tingkatkan Pelayanan SIM dan SKCK

Pihaknya meminta agar pelayanan publik terus ditingkatkan dan diperbaiki dalam rangka membangun budaya pelayanan prima, membangun perilaku anti-KKN, antigratifikasi dan antipungli. “Kami juga sedang berupaya membangun zona integritas,” imbuhnya.

Aplikasi pelayanan Yanpatdu dibuat agar pelayanan lebih cepat dan mudah. Selain itu dapat menghindari pertemuan langsung antara masyarakat dengan pelayan, sehingga mencegah penyebaran Covid-19. (ky)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan