Kebutuhan Logistik Pengungsi Merapi Boyolali Dijamin Cukup

0
pengungsi-jrakah-boyolali
ISTIRAHAT: Pengungsi istirahat di bilik TPPS Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali. (sms.com/jm)

BOYOLALI,sms.com – Pemkab Boyolali menjamin ketersediaan logistik bagi para pengungsi bencana erupsi Gunung Merapi. Dipastikan, para pengungsi tidak akan kekurangan logistik untuk kebutuhan sehari- hari.

“Logistik yang ada kami pastikan cukup seperti beras, minyak dan kebutuhan makanan lain seperti lauk pauk,” ujar Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Bambang Sinungharjo, Senin (23/11).

Bahkan, dia memastikan logistik yang ada saat ini cukup untuk kebutuhan pengungsi hingga 10 hari ke depan. Jika nantinya logistik menipis atau kurang, maka pihaknya akan secepatnya mengirimkan bantuan yang dibutuhkan.

Terkait dengan jumlah pengungsi di tempat penampungan pengungsi sementara (TPPS), saat ini tertampung di tiga tempat. Yaitu, TPPS Desa Tlogolele sebanyak 277 orang, Klakah 199 dan Jrakah sebanyak 247.

“Total ada 600 lebih.”

Pihaknya juga tetap mengupayakan agar pengungsi usia rentan tetap bertahan di TPPS. Dimana sesuai data yang ada, jumlah total usia rentan di kawasan rawan bencana (KRB) 3 di Kecamatan Selo sekitar 800 orang.

“Memang jumlah pengungsi ini dinamis. Semisal di Desa Tlogolele awalnya hanya 130-an, kini bertambah. Untuk itu, warga usia rentan di KRB 3 kami harapkan segera mengungsi ke TPPS terdekat.”

Bagaiamana jika TPPS tidak mencukupi ? Pemkab Boyolali sudah menyiapkan sejumlah alternatif tempat lain untuk menampung pengungsi. Di Desa Tlogolele, sudah disiapkan sejumlah rumah milik warga setempat.

Untuk di Desa Klakah, ada alternatif tempat lain yaitu bangunan SMPN 2 Selo. “Yang di Desa Jrakah, disiapkan alternatif tempat di SMKN Selo yang berlokasi di sebelah barat Lapangan Desa Samiran, Kecamatan Selo.”

Sementara itu Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fajari dalam kunjungannya ke TPPS Desa Tlogolele dan Desa Klakah, Senin (23/11) menyatakan bahwa segenap jajaran TNI siap membantu jajaran terkait seperti Polri, relawan dan petugas dari Pemkab Boyolali.

“Kami siapkan jajaran TNI gotong royong bersama relawan lain termasuk Polri dan BPBD. Kami harapkan penanganan dan antisipasi bencana erupsi Merapi ini bisa berjalan lancar semuanya.” (jm)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan