UMK Wonogiri Naik Jadi Rp 1.827.000/Bulan

0
upah minimum kabupaten kota
FOTO/ILUSTRASI

WONOGIRI,sms.com – Upah Minimum Kabupaten (UMK) Wonogiri tahun 2021 mendatang akan naik menjadi Rp 1.827.000/bulan. Angka itu naik dari UMK tahun 2020 ini yang sebesar Rp 1.795.000/bulan.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Wonogiri Seswanto mengatakan, kenaikan tersebut sudah sesuai harapannya. Pasalnya, serikat pekerja sebelumnya mengharapkan agar UMK tidak mengalami penurunan meskipun dunia dilanda pandemi virus corona (Covid-19).

Besaran UMK Wonogiri itu merupakan yang terendah ke dua se-Jawa Tengah. Meski demikian, dia tetap bersyukur. “Kalau melihat situasi ekonomi global dan lokal seperti ini, saya rasa cukuplah,” katanya, Senin (23/11/2020).

Pertumbuhan ekonomi nasional sempat turun menjadi minus 5, sedangkan inflasi mencapai angka 3. Dengan adanya kenaikan UMK tersebut, perekonomian diharapkan akan membaik.

Terpisah, ketua Asoisasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Wonogiri Sutarto mengatakan, pada semester pertama tahun ini pertumbuhan ekonomi memang terpukul. Namun pada semester ke dua, pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan secara nasional.

Dengan adanya kenaikan UMK, pihaknya optimistis pertumbuhan ekonomi tahun depan akan semakin membaik. Oleh karenanya, dia mendukung kenaikan UMK tersebut. Apabila vaksin Covid-19 telah dapat digunakan, dia yakin pertumbuhan ekonomi akan lebih baik lagi.

Sutarto mengungkapkan, memang ada beberapa pengusaha yang keberatan dengan jumlah kenaikan UMK tersebut. “Ada sebagian. Mau naik, tapi jangan segitu,” ujarnya. (ky)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan