Sortir KPU Sukoharjo, Surat Suara Rusak Capai 5.847 Lembar

0
surat-suara-pilkada-sukoharjo
SURAT SUARA : Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda memeriksa surat suara yang telah dicetak oleh perusahaan pemenang tender. (sms.com/hs)

SUKOHARJO,sms.com – Proses sortir dan pelipatan surat suara Pilkada telah selesai dilakukan KPU Sukoharjo. Hasilnya sebanyak 5.847 lembar surat suara rusak. Selain itu juga ada kekurangan sebanyak 2.315 lembar.

Terkait dengan kekurangan tersebut, KPU segera menyampaikan ke percetakan agar seger dipenuhi. Mengingat, hari H coblosan di Sukoharjo tinggal sebentar lagi.

“Surat suara yang rusak masih kami simpan dan nantinya akan kami jadwalkan untuk pemusnahannya. Rusaknya bervariasi, ada yang sobek, ada bercak tinta dan lainnya” jelas Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda.

Sesuai berita acara serah terima, kata Nuril, surat suara sebanyak 677.863 lembar. Setelah dilakukan sortir dan pelipatan, surat suara yang baik sebanyak 669.701 lembar, kurang kirim 2.315 lembar, dan kurang karena rusak sebanyak 5.847 lembar. Sehingga, total kekurangan surat suara untuk Pilkada Sukoharjo sebanyak 8.162 lembar.

Terkait dengan logistik lain, menurut Nuril, untuk kotak surat suara sudah selesai diset dimana jumlahnya sebanyak 1.830 unit. Kotak surat suara tersebut juga disimpan di Gedung Graha Mulia karena nantinya proses pengesetan logistik Pilkada juga dilakukan di gedung tersebut.

Untuk diketahui, pemungutan suara sendiri akan dilakukan di 1.775 TPS dimana tiap TPS maksimal digunakan untuk 500 orang pemilih. KPU telah merekrut 14.425 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Nantinya, semua KPPS akan menjalani rapid test corona terlebih dahulu sebelum bertugas. Sesuai data, Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Sukoharjo sebanyak 660.487 pemilih. Terdiri dari pemilih laki-laki 326.627 orang dan pemilih perempuan 333.860 orang. (hs)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan