Owner Wong Solo Group Menginspirasi Banyak Orang

0
wong-solo-puspo-wardoyo
BINCANG SANTAI- Usai sebagai pembicara dalam Webinar bertajuk Revolusi Berwirausaha "Muslimpreneurship", Owner Wong Solo Grup, Puspo Wardoyo saat berbincang santai di kediamannya di Perumahan Kuantan, Gonilan, Kartasura, Senin (14/12/2020). (suaramerdekasolo.com/Sri Hartanto)

SOLO, suaramerdekasolo.com– Kiat sukses dalam usaha kuliner khususnya ayam yang ditekuni Owner Wong Solo Grup, Puspo Wardoyo menginspirasi banyak orang.

Di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, usaha yang dikelola Puspo Wardoyo tidak begitu berdampak.

”Justru di masa sekarang ini menjadi tantangan bagi pengusaha di bidang kuliner bisa mengembangkan usahanya dari tradisional ke jalur modern. Alhamdulillah usaha saya tidak begitu berpengaruh di masa pandemi. Sebab bisnis yang saya jalani semata untuk mencari pahala. Jadi tidak sekedar bisnis untuk mendatangkan uang. Karena hal itu tidak akan mendatangkan barokah,” urainya dalam bincang-bincang melalui Webinar yang diselenggarakan, Senin (14/12/2020).

Dalam acara webinar yang digagas IFBC Expo 2020 tersebut, Pengusaha Sukses asal Karangasem, Laweyan, Solo itu menyampaikan empat kiat atau tips menuju sukses dalam usaha yang digeluti.
Namun kesuksesannya tidak semudah membalikan telapak tangan, melainkan penuh perjuangan yang cukup lama.

Dalam webinar bertajuk Revolusi Berwirausaha “Muslimpreneurship” Puspo Wardoyo sebagai salah satu nara sumber menyampaikan beberapa tips sukses berbisnis.

Puspo mengatakan, dalam berwirausaha ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, seseorang harus fokus dalam menjalankan usahanya.

“Kalau saya fokus pada berbisnis ayam, sejak kecil saya sudah mulai berbisnis ayam sampai saat ini,” kata dia. Artinya, tidak berganti-ganti usaha.

Kedua, harus sesuai syariat Islam. Artinya semua bisnis yang dijalankan sesuai syariat Islam dan makanan yang disajikan harus halal.

Ketiga, sedekah. Dalam mengembangkan usahanya Puspo Wardoyo tidak melulu memikirkan keuntungan.

“Sedekah atau infaq ini penting entah sepertiga atau sebagian harta yang kita dapatkan,” katanya.

“Berbisnis itu harus takut dengan Allah,” papar dia.

Keempat, tidak mudah putus asa. Dalam hal ini harus juga kuat untuk menjalani proses panjang yang tidak mudah, baik dari sisi modal, menjalankan usaha kerjasama dengan pihak lain dan lainnya.

Sebagai pengusaha yang tidak beralih ke bisnis lain, Pemilik 287 outlet usaha dibawah bendera wong Solo Grup yang tersebar di seluruh Indonesia, Malaysia, Arab Saudi itu, sudah puluhan tahun mengembangkan bisnis kuliner. Tentunya melalui teknologi, inovasi hingga melahirkan makanan siap saji yang dikenal dengan nama MakanKu.
Melalui makanan siap saji tersebut, bagi customer bisa order melalui website di www.MakanKu.co.id

“Seperti halnya membuka bisnis di luar negeri yakni di Jeddah, Arab Saudi, Malaysia dan negara lain prosesnya panjang, jadi kita harus punya kemauan yang kuat,” papar Puspo Wardoyo di kediamannya di Perumahan Kuantan Gonilan, Kartasura saat bincang santai dalam webinar, Senin (14/12/2020) siang. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan