Mahasiswa FISIP Unisri Gelar Budidaya Pelatihan Lele Bantu Warga Desa Gondang Manis

0
budidaya-lele-unisri

*Antisipasi Dampak Pandemi Covid-19

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (FKM-M) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta baru saja menyelesaikan pemberdayaan warga yang terdampak Covid-19 di Dusun Gondang Manis, Jumapolo, Karanganyar, Senin (14/12/2020)

Ketua Tim PKM, Kingkin Anjani, menjelaskan pemberdayaan warga desa dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu warga yang terdampak covid-19.

” Tim PKM-M Fisip Unisri memfasilitasi warga dengan pemberdayaan ekonomi yang didanai Universitas. Kegiatan berupa pelatihan pemberdayaan ternak lele, diikuti warga dusun Gondang Manis dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, ” ungkapnya.

Pihak dusun sangat menyambut gembira pelaksanaan pelatihan budi daya lele, karena sangat membantu warga untuk menambah penghasilan ditengah pandemi covid-19.

Salah satu peserta pelatihan, Suminah, mengungkapkan mahasiswa Unisri sangat hebat dan kreatif. Walau tidak memiliki basic peternakan namun mampu melihat peluang banyaknya lahan kosong di dusun Gondang Manis yang dapat dijadikan lahan produktif bernilai ekonomi.

” Kami berharap kepada Unisri agar kedepannya warga yang dibantu tidak hanya yang terdampak covid-19, tetapi seluruh warga dusun Gondang Manis, ” pintanya.

Sementara itu fasilitator pelatihan, Dadi Purwanto selaku warga yang dipercaya untuk memberikan pelatihan budidaya lele, mengungkapkan pelatihan akan menjadikan dasar yang kuat untuk membantu membangkitkan perekonomian warga yang terdampak covid.

Pelatihan Budidaya lele berjalan lancar. Para peserta antusias mengikuti materi yang disampaikan fasilitator dengan komunikatif dan interaktif, sehingga mereka betah mengikuti kegiatan sampai akhir.

Tim PKM-M selepas pelatihan akan terus memantau pelaksanaan di lapangan. Untuk memastikan bahwa semua warga yang terdampak covid-19 benar-benar melakukan budidaya ikan lele dengan memanfaatkan lahan yang ada, sehingga mampu menolong perekonomian keluarga mereka di tengah pandemi covid-19 (*)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan