Sempat Kaget Dikira Razia Surat Kendaraan, Ternyata Pemeriksaan Kesehatan

0
tes-swab-boyolali
TES SWAB: Petugas melakukan tes swab terhadap salah satu kru bus di Terminal Penggung, Boyolali Kota. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Upaya antisipasi keselamatan penumpang kendaraan umum dilakukan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali. Salah satunya dengan pemeriksaan kesehatan bagi para sopir dan kru angkutan umum.

Kegiatan pemeriksaan dilakukan bersama jajaran terkait di Terminal Bus Penggung, Boyolali Kota, Rabu (16/12). Petugas Dinkes melibatkan petugas Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres setempat.

Baca : Resmi, Etik-Agus Kampiun Pilkada Sukoharjo

Bus yang melintas di jalan Solo-Semarang, baik bus antar kota dalam provins (AKDP) maupun antar kota antar provinsi (AKAP) tak bisa menghindari pemeriksaan kesehatan ini. Petugas berjaga-jaga di pinggir jalan akses masuk terminal.

Seluruh bus yang melintas dari arah Semarang menuju Solo dan sebaliknya diminta masuk kedalam terminal.  Kemudian sopir beserta awak bus diminta turun untuk mengikuti tes kesehatan lengkap.

Baca : Butuh Hasil Cepat, Tes Cepat Antigen Diterapkan di RSUD Karanganyar

Secara berurutan, pengemudi berserta awak bus harus mengikuti pemeriksaan kesehatan lengkap. Dari cek darah, cek urin, tensi darah dan terakhir swab antigen. Para penumpang pun diminta sabar menunggu.

“Pemeriksaan kesehatan ini cukup lengkap.  Ada cek tensi, nadi, suhu tubuh, urine,” ujar Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Survivalina disela pemeriksaan.

Pihak juga memeriksa keseimbangan pengemudi. Apakah pengemudi tersebut dalam pengaruh miniman keras atau pemakai narkoba. 

Baca : Berita Duka, Wakil Ketua DPRD Boyolali Meninggal

Yang tak kalah penting dalam pemeriksaan ini yakni untuk mencegah penularan Covid-19.

“Makanya seluruh pengemudi dan kru bus menjalani swab antigen.

Pemeriksaan kesehatan lengkap ini dilaksanakan selama tiga hari. Mulai hari ini hingga tanggal 19 Desember.”  

Menurut Lina, pemeriksaan kesehatan ini sebagai upaya untuk mencegah hal yang tak diinginkan dalam perjalanan jelang libur Natal dan Tahun baru. Meningkatkan keselamatan pengendara melalui pemeriksaan kesehatan. (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan