Partisipasi Pemilih Boyolali Lampui Target Nasional

0
pilkada-boyolali-2020
KOTAK SUARA: Petugas salah satu PPK membuka kotak suara dalam kegiatan rekapitulasi hasil Pilkada Boyolali yang digelar KPU setempat.(suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOALI,suaramerdekasolo.com – KPU Boyolali menuntaskan rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten Pemilihan Bupati Wakil (Pilbup), Rabu (16/12/2020) malam. Rekapitulasi digelar secara virtual.

Hasilnya, pasangan tunggal M Said Hidayat- Wahyu Irawan (Said-Iwan) mendapatkan 666.956 suara atau 95,60 persen. Menurut Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, kotak kosong mendapat sebanyak 30.719 suara atau 4,40 persen. Jika ditotal, jumlah suara sah sebanyak 697.675 suara.

“Sedangkan suara tidak sah sebanyak 20.975 suara. Sehingga total suara yang sah dan yang tidak sah sebanyak 718.650 suara,” ujarnya, Kamis (17/12/2020).

Pihaknya juga mengapresiasi tinggi pastisipasi para pemilih dalam ajang demokrasi tersebut. Terbukti, tingkat partisipasi masyarakat lebih tinggi dibandingkan pada Pilkada 2015 lalu yang hanya 78,65 persen.

“Pada Pilkada kali ini, tingkat partisipasi pemilih mencapai 89,85 persen. Ini juga lebih tinggi dari target semula sebesar 77,5 persen.”

Meski telah menetapkan perolehan suara dalam Pilbup 2020 ini, namun pihaknya tak langsung menetapkan Paslon Said-Iwan sebagai calon terpilih. Pihaknya masih menunggu surat resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) apakah ada pengajuan sengketa yang tercatat dalam Buku register Perkara (BKP).

“Kami masih menunggu tiga hari kedepan apakah ada gugatan ke MK.”

Namun pihaknya memperkirakan, penetapan calon terpilih akan dilaksanakan sebelum berakhirnya tahun 2020 ini. Dimana, penetapan calon terpilih dilakukan maksimal tiga hari setelah ada surat resmi MK.

Dilaporkan pula, semua tahapan mulai dari pendaftaran, pencalonan, kampanye, pemungutan suara hingga rekapitulasi suara semua berjalan dengan baik sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Dari tahapan yang sudah kita laksanakan sejauh ini semua berjalan dengan baik dan tidak ada laporan terkait dengan sebaran Covid-19.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan